Tubuh Gampang Capek Ternyata Tanda Kekurangan Vitamin D

Febi Anindya Kirana19 Okt 2019, 16:12 WIB
vitamin D

Fimela.com, Jakarta Tubuh memang akan lelah atau capek setelah melakukan banyak kegiatan fisik atau membuat otak berpikir keras. Namun beberapa orang mengeluh tubuhnya capek bahkan ketika tidak banyak melakukan kegiatan. Awas, bisa jadi ini adalah tanda kamu kekurangan vitamin D.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Medicine mengungkapkan bahwa kekurangan vitamin D sangat erat hubungannya dengan kelelahan tubuh. Penelitian menemukan bahwa partisipan yang mengeluh kelelahan sepanjang hari ternyata menunjukkan kesegaran tubuh setelah diberikan asupan vitamin D lebih banyak.

 

Mudah Lelah Tanda Tubuh Kurang Vitamin D

kelelahan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Umumnya vitamin D bisa didapat dari sinar matahari pagi, karena sinar matahari membantu produksi vitamin D dalam tubuh. Tapi vitamin D juga bisa didapat dari makanan seperti ikan-ikan berlemak (salmon dan makarel), kemudian susu, dan kuning telur.

Kebutuhan vitamin D harian bisa bervariasi namun rata-rata sebanyak 100,000 IU. Jika tak yakin sudah berapa banyak vitamin D yang kamu konsumsi, cukup dengan berjemur di pagi hari selama 15 menit agar mendapatkan hangatnya sinar matahari yang sehat.

Jadi, jika tubuh kelelahan sepanjang hari padahal tidak banyak kegiatan, bisa jadi kamu kurang vitamin D, ladies.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓