3 Jenis Minuman yang Perlu Dihindari saat Asam Lambung Naik

Endah Wijayanti21 Okt 2019, 10:45 WIB
Menstruasi

Fimela.com, Jakarta Saat asam lambung naik, perut rasanya sangat tidak nyaman sekali. Beraktivitas pun jadi kurang lancar. Bila sudah begini, kita perlu lebih berhati-hati dengan makanan dan minuman yang kita konsumsi.

Dimulai dari minuman, ada jenis minuman tertentu yang sebaiknya dihindari saat asam lambung naik. Jenis minuman yang berisiko memicu gejala asam lambung perlu dihindari. Seperti tiga jenis minuman ini.

1. Jus Aneka Buah Jeruk

Kandungan asam sitrat yang ada dalam buah jeruk bisa menyebabkan iritasi pada esofagus. Dilansir dari healthline.com, meskipun perut bisa tahan dengan makanan yang mengandung asam tapi tidak dengan esofagus kita. Minuman atau jus aneka buah jeruk bisa memicu naiknya asam lambung. Untuk itu, perlu hindari minuman seperti jus lemon, jus jeruk, jeruk nipis, dan semacamnya. Bila akan membeli minuman, selalu cek dulu apakah ada kandungan asam sitrat di dalamnya.

 

 

2. Minuman Berkafein

Kopi
Ilustrasi./(Kikovic/shutterstock)

Minuman berkafein ini meliputi kopi, soda, serta teh. Kopi bisa menstimulasi sekresi asam lambung berlebih yang dapat naik ke esofagus, khususnya ketika kopi diminum terlalu banyak. Gejala asam lambung bisa makin parah bila minuman berkafein dikonsumsi terlalu banyak.

3. Minuman Beralkohol

Alkohol dapat berdampak negatif pada asam lambung. Meminum wine atau menegauk margarita bisa memperparah kondisi asam lambungmu. Konsumsi alkohol berlebih juga bisa memicu risiko penyakit GERD.

Saat asam lambung sedang naik atau bermasalah, sebisa mungkin hindari jenis minuman di atas. Bila kondisimu tak kunjung membaik, segera periksakan diri ke dokter ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓