Ini 4 Fungsi Merica atau Lada Putih di Dalam Masakan

Febi Anindya Kirana21 Okt 2019, 12:15 WIB
merica

Fimela.com, Jakarta Merica atau sering juga dikenal sebagai lada putih mungkin bukan lagi bumbu dapur yang asing digunakan dalam banyak masakan. Dengan rasa hangat dan pedasnya yang khas, merica punya peran penting dalam banyak masakan. Ini dia fungsi merica dalam masakan.

1. Menambah rasa pedas atau hangat

Untuk beberapa masakan pedas, merica sering ditambahkan dalam jumlah sedikit untuk memberi rasa hangat dan pedas menendang di lidah. Meski memang tidak sepedas cabai, namun penambahan merica punya efek yang berbeda pada masakan.

2. Menghilangkan amis

Seringkali merica bubuk dijadikan tambahan bumbu rendam. Daging akan dibiarkan dalam rendaman bumbu garam dan merica sebelum dimasak untuk menghilangkan bau dan rasa amis pada daging ayam, sapi maupun ikan.

 

3. Penyedap alami

Ilustrasi Merica
Ilustrasi Merica (pixabay.com)

Karena rasanya yang khas, penambahan merica juga berfungsi sebagai penyedap alami masakan. Merica mampu memperkaya cita rasa masakan.

4. Penambah aroma

Merica juga memiliki aroma yang khas. Ada tidaknya merica seringkali berpengaruh pada aroma masakan dan menjadikan aromanya lebih sedap.

Itu dia sekian fungsi merica di dalam masakan yang ternyata tak bisa diabaikan. Jadi, jika ada merica dalam resep masakan yang akan Sahabat Fimela coba, jangan di-skip ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓