Efektifkah Diet Golongan Darah Menurunkan Berat Badan?

Mimi Rohmitriasih21 Okt 2019, 13:05 WIB
Makan

Fimela.com, Jakarta Memiliki berat badan ideal adalah impian dari semua orang. Untuk mewujudkan impian ini, tidak sedikit orang yang bekerja keras melakukan diet. Ada beragam diet yang dilakukan demi menurunkan berat badan. Salah satu diet paling populer dan digemari akhir-akhir ini adalah diet golongan darah.

Diet ini begitu populer karena dipercaya bisa menurunkan berat badan secara cepat dan akurat. Diet golongan darah merupakan diet yang dikembangkan oleh seorang peneliti pengobatan alternatif sekaligus dokter naturopati, Peter D'Adamo. Seseorang yang melakukan diet ini disarankan untuk membuat pilihan nutrisi berdasarkan golongan darah yakni A, B, O, atau AB.

Diet Golongan Darah

Diet
Diet. (Foto: shutterstock.com By RossHelen)

Menurut Peter, mengonsumsi makanan sesuai nutrisi yang dibutuhkan tubuh berdasarkan golongan darah bisa meningkatkan keberhasilan program diet. Dalam diet golongan darah ini, orang dengan golongan darah A umumnya rentan terhadap penyakit jantung, diabetes dan kanker sehingga nutrisi diet yang tepat untuknya adalah sayur dan buah. Diet paling tepat untuk pemilik golongan darah ini adalah diet vegetarian.

Sedangkan untuk mereka yang bergolongan darah B, AB dan O sebaiknya juga menyesuaikan makanan yang hendak dikonsumsi dengan kebutuhan nutrisi tubuhnya. Melansir dari laman prevention.com, secara teknis diet golongan darah bisa membantu menurunkan berat badan. Tapi, keberhasilan program diet tak hanya karena diet yang dijalani tetapi juga banyak hal lainnya.

Penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan tidak ada bukti untuk memvalidasi manfaat signifikan dari dari diet golongan darah. Tapi, penelitian lanjutan yang dilakukan setahun kemudian menemukan jika diet golongan darah memberikan banyak dampak positif termasuk menurunkan berat badan, menurunkan tekanan darah dan membuat seseorang lebih tenang.

Untuk meningkatkan keberhasilan diet golongan darah, seseorang wajib memiliki waktu istirahat cukup, olahraga cukup dan menghindari stres. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓