Otot Sering Kram Tanpa Alasan, Tanda Tubuh Kekurangan Nutrisi Ini

Febi Anindya Kirana21 Okt 2019, 16:10 WIB
Penyebab Kaki Kram pada Malam Hari (Africa Studio/Shutterstock)

Fimela.com, Jakarta Kram otot bisa terjadi pada siapa saja. Umumnya otot kram karena kurang pemanasan sata olahraga, tubuh dehidrasi, stres atau tubuh dibuat bergerak mendadak sehingga tegang. Namun tak banyak yang tahu bahwa kram otot ternyata bisa jadi tanda kekurangan nutrisi tertentu di dalam tubuh.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Family Physician menemukan bahwa otot kram tiba-tiba bisa jadi tanda tubuh kekurangan kalsium dan magnesium. Kalisum dan magnesium memgang peran penting dalam kontraksi otot yang normal, kekurangan dua mineral ini akan menyebabkan seringnya kram otot.

 

Sering Kram = Tanda Kekurangan Magnesium

Menghindari Kram Ketik berlari
Menghindari Kram Ketik berlari (Sumber: iStockphoto)

Umumnya, kebutuhan magnesium untuk perempuan dewasa usia 19-30 tahun adalah 255 hingga 310 mg, dan untuk perempuan usia 31 ke atas sebesar 265 hingga 320 gr. Magnesium bisa didapatkan dari berbagai makanan seperti buah alpukat, pisang, kacang-kacangan, tahu, tempe, susu dan biji-bijian.

Jadi, jika kebetulan merasa sering kram padahal tidak sedang olahraga atau dehidrasi, mungkin penyebabnya adalah kekurangan magnesium.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓