Bukti Studi, Kesehatan Mental Ayah Tentukan Kesehatan Mentalmu Juga

Febi Anindya Kirana21 Okt 2019, 17:17 WIB
ayah dan anak perempuan

Fimela.com, Jakarta Kesehatan mental mungkin tak menerima perhatian sebesar kesehatan fisik hanya karena tidak terlihat. Namun bukan berarti kesehatan mental bisa diabaikan, apalagi kesehatan mental bisa ditentukan oleh lingkungan terdekat seperti keluarga.

Orang mungkin tak sadar bahwa kesehatan mental ayah ternyata bis memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan mental anak-anaknya. Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Health Equity menemukan bahwa kesehatan mental ayah memiliki pengaruh penting terhadap kesehatan mental anak-anaknya.

Penelitian menganalisis lebih dari 75 ribu anak terkait kesehatan dan hubungan keluarganya. Peneliti menemukan, anak-anak yang memiliki ayah dengan kesehatan mental rendah ternyata 2,6 kali lebih rentan mengalami kesehatan mental yang rendah pula. 

Kesehatan Mental Ayah Tentukan Kesehatan Mental Anak

Ayah Anak
Ilustrasi/copyright pexels.com/Hannah Nelson

Pengaruhnya jangka panjang, dalam artian bisa dimulai sejak anak kecil hingga dewasa. Sayangnya lagi, akibat kesehatan mental yang buruk, anak-anak ini juga mengalami kesehatan fisik yang buruk. Hal ini memungkinkan karena separuh kromosom anak adalah dari ayahnya, dan lingkungan pertama yang dikenal anak adalah keluarga.

Jadi, jangan anggap sepele hubungan baik dengan orangtua dan memastikan kesehatan mereka sebagai hal utama yang perlu diperhatikan, seperti menjaga kesehatanmu sendiri Sahabat Fimela.

Banyak penelitian mengungkap kesehatan mental ibu berpengaruh pada kesehatan mental anak, namun tak banyak yang mengungkap kesehatan mental ayah yang ternyata juga punya pengaruh besar. Nyatanya, keduanya punya peran yang sama besarnya.

Sudah siap untuk hadir di acara FIMELA FEST 2019? Pilih kelas inspiratifnya di sini.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓