Agar Gula Tahan Lama dan Tidak Mencair, Begini Cara Menyimpannya

Mimi Rohmitriasih21 Okt 2019, 14:56 WIB
Gula

Fimela.com, Jakarta Gula menjadi salah satu bahan makanan yang wajib ada di dapur. Selain sebagai bumbu masakan agar setiap masakan terasa sedap, gula juga bermanfaat sebagai pemanis aneka makanan dan minuman.

Biasanya, gula disimpan dalam jumlah yang cukup banyak di dapur. Sayangnya, ketika gula yang disimpan tidak pernah digunakan atau cara menyimpannya kurang tepat, gula akan rentan mencair, menggumpal bahkan benyek. Gula juga rentan dikerubuti semut.

Agar gula tahan lama dan tidak mencari, berikut cara mudah untuk menyimpan gula.

Cara Menyimpan Gula

gula
ilustrasi gula/copyright Shutterstock
  1. Saat membeli gula, beli gula yang masih berkualitas baik. Pilih gula yang bersih dan tidak ada tanda gula menggumpal atau benyek.
  2. Sesampainya di rumah, segera simpan gula di wadah yang kering dan bersih. Wadah ini bisa berupa jar atau toples.
  3. Simpan bersama daun jeruk kering atau cengkeh untuk membuat gula terhindar dari semut. Semut atau serangga lain tidak suka aroma daun jeruk dan cengkeh.
  4. Simpan gula di tempat yang sejuk tapi kering. Hindari menyimpan gula di tempat panas seperti dekat kompor atau terkena sinar matahari langsung. Gula yang terkena panas akan rentan meleleh atau mencair.
  5. Simpan gula di tempat yang jauh dari kelembaban. Gula yang disimpan di tempat lembab juga rentan mencair, menggumpal atau meleleh.
  6. Saat mengambil gula, letakkan sendok gula khusus. Pastikan sendok dalam kondisi kering. Begitu juga dengan tanganmu Sahabat Fimela. Mengambil gula dengan sendok dan tangan basah akan membuat gula rentan mencair dan menggumpal.

Itulah cara mudah untuk menyimpan gula di dapur agar tidak mudah mencair, menggumpal atau benyek. Semoga tips dapur ini bermanfaat.

***

Fimela ingin mengajakmu untuk lebih inspiratif dan positif dengan mengikuti berbagai kelas inspiratif di Fimela Fest 2019. Yuk! daftarkan dirimu, di sini.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓