Amankan Rumah dari Kebocoran Gas, Ini Hal yang Wajib Diketahui

Wuri Anggarini24 Okt 2019, 00:01 WIB
Amankan Rumah dari Kebocoran Gas, Ini Hal yang Wajib Diketahui

Fimela.com, Jakarta Memasak menggunakan gas memang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Namun, masalah kebocoran gas sering jadi salah satu hal yang bikin was-was. Bukan hal yang mengherankan jika mengganti dan memasang tabung gas sendiri seringnya menjadi tantangan para ibu di rumah. Jika terus menerus bergantung pada suami, kapan masakan akan matang?

Tapi, nggak perlu khawatir berlebih. Masalah kebocoran gas ini bisa dicegah kok kalau kamu memperhatikan beberapa hal berikut.

Pastikan Dapur Memiliki Ventilasi Udara yang Baik

Demi keamanan saat mengganti dan memasang tabung gas sendiri di rumah, pastikan dapur memiliki ventilasi udara yang baik. Hal ini penting karena gas memiliki sifat yang mudah memuai. Jadi jika ada kebocoran, gas akan segera keluar lewat ventilasi, tidak terjebak di dalam rumah.

Tidak Ada Kompor yang Menyala

Sebelum mengganti gas, pastikan terlebih dahulu tidak ada kompor atau sumber api lainnya di dalam rumah. Ini sangat penting karena karakteristik gas yang mudah terbakar. Jadi, kebocoran kecil pun bisa berisiko terbakar jika ada api yang menyala selama pergantian gas terjadi.

Cara Pemasangan Tabung Gas yang Benar

Penting juga mempelajari cara memasang tabung gas yang benar untuk meminimalisir risiko kebocoran gas. Setelah melepas segelnya, pasang regulator dan putar knopnya searah jarum jam. Pastikan selang regulator tidak ada yang tertindih atau tertekuk agar gas bisa mengalir lebih lancar. Selain itu, perhatikan juga pemasangan kedua klem pada kompor, pastikan terpasang dengan erat untuk mencegah kebocoran.

Sebelum menyalakan api, pastikan kembali tidak ada kebocoran pada regulator dengan cara mengecek bunyi desis pelan atau bau khas LPG yang tercium. Jika gas tidak juga menyala, segera tukarkan tabung dan hindari mencongkelnya.

Cerdas Memilih Tabung Gas yang Aman

Mencegah kebocoran gas di rumah juga bisa dilakukan dengan cerdas memilih tabung gas yang aman. Misalnya dengan menggunakan Bright Gas dari Pertamina yang kini dibekali dengan fitur keamanan canggih yaitu teknologi Double Spindle Valve System (DSVS) yang menjadikannya dua kali lebih aman daripada jenis LPG lainnya. Jadi, saat ada satu katup yang bocor, masih ada katup lainnya untuk mencegah kebocoran gas agar tidak membahayakan sang pemilik.

Ada juga fitur safety valve yang berguna untuk mengeluarkan tekanan gas secara perlahan bila tekanan dalam tabung dalam keadaan tinggi. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi risiko terjadinya ledakan tabung yang bisa menyebabkan kebakaran.

Amankan Rumah dari Kebocoran Gas, Ini Hal yang Wajib Diketahui
@BrighGas

Uniknya lagi, Bright Gas juga dilengkapi dengan QR Code yang dapat dipindai dengan smartphone untuk mengetahui informasi lokasi SPB(P)BE di mana tabung tersebut diisi. Segel hologram pada Bright Gas juga dilengkapi dengan fitur OCS (Optical Color Switch) yang tidak dapat dipalsukan.

Kemudahan juga ditawarkan Bright Gas karena kamu bisa memanfaatkan layanan pesan antar lewat Pertamina Call Center 135. Jangan lupa update juga berbagai info dan promo menarik lewat akun media sosial @brightgas. Yuk, saatnya lebih cerdas menggunakan gas di rumah untuk mencegah kebocoran di rumah!