Mahasiswa Indonesia Olah Bahan Pangan Endemik jadi Jajanan Sehat

Vinsensia Dianawanti23 Okt 2019, 18:00 WIB
Ilustrasi jajanan

Fimela.com, Jakarta Sebagai warga Indonesia, kita patut bersyukur dengan banyaknya bahan pangan yang tersedia. Bahkan beberapa bahan pangan hanya bisa ditanam dan tersedia Indonesia. Sayangnya, bahan pangan yang begitu banyak ini belum dikelola dan dimanfaatkan secara maksimal untuk meningkatkan nilai jualnya.

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya menggelar sebuah kegiatan yang disebut Social Entrepreneur Marketplace pada 24-25 Oktober 2019. Pengembangan bahan pangan menjadi salah satu hal yang disoroti dalam kegiatan ini.

Pusat Riset Rempah Indonesia menginisiasi adanya pengembangan bahan pangan, khususnya endemik untuk dijadikan jajanan sehat. Mereka berfokus pada penelitian pada berbagai bahan pokok khas Indonesia untuk diolah.

Salah satunya adalah andaliman, yang menjadi rempah asal batak. Andaliman ini sendiri merupakan bahan dasar yang melegenda untuk dijadikan sebagai teh. Namun mahasiswa Atma Jaya membuatnya menjadi sebuah minuman dingin dengan cita rasa segar.

 

Menyajikan produk dan jasa sebagai solusi permasalahan sosial

Mahasiswa Indonesia Olah Bahan Pangan Endemik Jadi Jajanan Sehat
Mahasiswa Atma Jaya menggelar sebuah kegiatan untuk menyajikan solusi bagi permasalahan sosial (Foto: Praxis)

Selain itu, Social Enterpreneur Marketplace juga mengadakan kegiatan My Farm. Kegiatan ini berfokus pada bisnis tumbuhan hidroponik dengan cara reboisasi tumbuh-tumbuhan hidroponik. Dengan diadakannya kegiatan ini, dinilai bisa menjadi solusi untuk mempersingkat waktu perindustrian dengan meningkatkan penyediaan sayuran yang dapat diproduksi di perkotaan.

Social Enterpreneur Marketplace sendiri menjadi ajang mahasiwa untuk menunjukkan ide kreatifnya berupa produk dan jasa sebagai solusi atas berbagai permasalahan sosial. Hal ini menjadi salah satu upaya untuk mengajak mahasiswa berpartisipasi dalam menciptakan solusi atas permasalahan sosial yang terjadi di Indonesia.

#GrowFearless with Fimela

Fimela ingin mengajak kamu untuk lebih inspiratif dan positif dengan berbagai kelas inspiratif di Fimela Fest 2019. Yuk! daftarkan dirimu, di sini!

Lanjutkan Membaca ↓