Sukses

Lifestyle

Profil Sri Mulyani, Menteri Keuangan Terbaik yang Belum Tergantikan

Fimela.com, Jakarta Sri Mulyani kembali terpilih sebagai Menteri Keuangan di Kabinet Indonesia Maju. Ini menjadi kali ketiga, perempuan sekaligus orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia menjadi menteri keuangan.

Pertama kali Sri Mulyani Indrawati menjabat posisi menteri keuangan di era Kabinet Indonesia Bersatu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (2005-2010). Melansir kemenkeu.go.id, perempuan kelahiran Bandar Lampung, 26 Agustus 1962 ini dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia tahun 2006 oleh Emerging Markets Forum pada 18 September 2006 di Sidang Tahunan Bank Dunia dan IMF di Singapura.

Lulusan Sarjana Ekonomi (S.E) dari UI, University of Illinois Chicago (M.Sc), dan University of Illinois Urbana-Champaign AS (Ph.D) ini banyak menorehkan prestasi di tahun pertamanya, di antaranya menstabilkan ekonomi makro, mempertahankan kebijakan fiskal yang prudent, menurunkan biaya pinjaman, dan mengelola utang serta memberi kepercayaan pada investor.

Selain itu kebijakan memecat petugas korup di lingkungan departemen keuangan serta memprakarsai reformasi dalam sistem pajak keuangan Indonesia membuatnya mendapat reputasi sebagai menteri yang berintegritas. Pada tahun 2008, ia diganjar sebagai wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes.

 

Sederet Prestasi Tingkat Dunia

Dia juga pernah masuk dalam daftar 100 wanita berpengaruh di dunia versi majalah Forbes tahun 2016. Dalam daftar tersebut, ia berada di peringkat ke-37, satu nomor di atas Dirjen WHO Margaret Chan di posisi 38 dan di bawah Perdana Menteri Bangladesh Shikh Hasina Wajed seperti melansir dari liputan6.com.

Setelah menyelesaikan masa jabatan di era SBY, ia mengisi posisi strategis World Bank sebagai Direktur Pelaksana (2010-2016). Hingga akhirnya kembali dilantik oleh Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Keuangan Kabinet Kerja pada 27 Juli 2016.

Pada tahun 2018, ia kembali terpilih menjadi Best Minister in the World pada World Government Summit di Dubai. Di tahun yang sama, Global Markets memilihnya menjadi Finance Minister of the Year-East Asia Pacific yang diberikan saat berlangsungnya IMF-World Bank Group Annual Meetings di Bali.

Kini Sri Mulyani menyatakan dirinya meminta untuk tetap menjabat sebagai Menteri Keuangan dalam Kabinet Indonesia Maju. Hal tersebut diungkapnya usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Selasa (22/10).

 

Alasan Menyanggupi Kembali jadi Menteri Keuangan

"Saya rasa banyak hal, Indonesia selama ini mendapat tekanan global yang sangat tidak pasti dan dinamis dan pelemahan ekonomi dari seluruh dunia. Dibutuhkan policy (kebijakan) yang terus menerus untuk bisa menjaga perekonomian Indonesia dari tantangan pelemahan gobal tersebut," tuturnya saat ditanya alasan menyanggupi kembali menjabat menkeu di Jakarta, Selasa (22/10/2019).

Pada tahun 2019, Sri Mulyani kembali dinobatkan sebagai Menteri Keuangan Terbaik di Asia Pasifik tahun 2019 versi majalah keuangan FinanceAsia. Penghargaan dari FinanceAsia ini diperoleh tiga tahun berturut-turut setelah sebelumnya diperoleh pada tahun 2017 dan 2018. Pada bulan Agustus 2019, ia juga dipilih sebagai Ketua Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia periode 2019-2023.

#GrowFearless with FIMELA 

FIMELA FEST 2019 hadir kembali dengan berbagai talk show dan kelas inspiratif, 16-17 November 2019. Daftar untuk mengikuti berbagai kelasnya di sini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading