Sukses

Lifestyle

Intip Platform Belajar untuk Memajukan Pemberdayaan Ekonomi Perempuan di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Perempuan Indonesia memiliki banyak cara untuk berdaya. Namun faktanya masih sedikit perempuan yang berkesempatan untuk berkarya. Kurangnya edukasi membuat mereka sulit berkembang. Untuk itu UN Women dan Sunlight dari Unilever meluncurkan WeLearn, platform belajar online yang bertujuan untuk meningkatkan kesempatan belajar yang setara, serta melakukan pemberdayaan untuk perempuan yang ingin memulai atau mengembangkan bisnisnya.

Platform belajar online WeLearn ini menawarkan materi pembelajaran gratis berbasis keterampilan, disesuaikan dengan kebutuhan belajar perempuan, serta akses ke komunitas belajar.

Dirancang bersama dengan perempuan wirausaha dan bekerja sama dengan pakar industri, kurikulum WeLearn tersedia dalam berbagai format untuk membantu perempuan dalam menjalankan dan menyelesaikan materi dan modul yang ada. Modul ini disesuaikan dengan kemampuan menyelesaikan dan ketersediaan waktu yang dimiliki.

 

Kontribusi perempuan bagi perekonomian Indonesia

Usaha mikro kecil menengah (UMKM) memegang peranan penting bagi perekonomian dengan kontribusi yang tinggi bagi pendirian bisnis (99%) dan PDB (60%) di tahun 2018. Jumlah UMKM ditahun 2018 mencapai 57,83 juta dan 60% diantaranya dikelola oleh permpuan atau setara dengan 37 juta perempuan wirausaha.

“Perempuan wirausaha masih menghadapi tantangan dalam mengakses pengembangan keterampilan, menemui hambatan dalam mendapatkan modal untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka, serta dalam mengakses jaringan bisnis. Hal ini sebagian besar terjadi karena norma dan budaya yang bersifat diskriminatif terhadap perempuan. Melalui WeLearn, kami akan menyediakan kesempatan belajar yang sesuai dengan kebutuhan agar mereka dapat mengubah kehidupannya, dalam keluarga, dan komunitas,” kata Jamshed Kazi UN Women Indonesia Representative.

 

Membantu 5 juta perempuan di Indonesia

Hal ini sejalan dengan tujuan brand sunlight, yakni menggali potensi diri perempuan yang selama ini masih terpendam. Paling lambat tahun 2022, kami ingin membantu 5 juta perempuan Indonesia menemukan potensi dirinya dan merealisasikan cita-citanya untuk berwirausaha.

"Kami percaya, dengan memberikan kesempatan bagi perempuan untuk belajar, hal ini akan menginspirasi dan mendukung mereka untuk memulai dan menumbuhkan bisnisnya," tutup Veronica Utami Diretur Home Care Unilever Indonesia & Durt is Good SEA-ANZ.

#GrowFearless with Fimela

 

Daftarkan dirimu di sini untuk mengikuti berbagai kelas inspiratif di FIMELA FEST 2019! 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading