Sukses

Lifestyle

Cuaca Panas Hingga 38 Derajat Masih Landa Indonesia Beberapa Hari Kedepan

Fimela.com, Jakarta Beberapa hari belakangan cuaca panas melanda sejumlah wilayah di Indonesia. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mencatat bahwa suhu udara di siang hari terasa begitu panas dan cuaca panas seperti ini masih akan terus melanda Indonesia hingga beberapa hari ke depan.

Stasiun Meteorologi Hasanuddin di Makassar pun mencatat bahwa suhu tertinggi mencapai 38 derajat celsius.

"Berdasarkan persebaran suhu panas yang dominan berada di selatan Khatulistiwa, hal ini erat kaitannya dengan gerak semu Matahari," kata Deputi Bidang Meteorologi R Mulyono R Prabowo melansir dari Liputan6.com pada Kamis (24/10/2019).

Pada bulan September 2019, matahari berada di sekitar wilayah khatulistiwa dan akan terus bergerak di belahan bumi selatan hingga Desember 2019. Pada Oktober 2019, posisi semu matahari berada di sekitar wilayah Indonesia bagian selatan. Tepatnya di Sulawesi Selatan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan sebagainya.

Kondisi ini sendiri mengakibatkan radiasi matahari ke arah permukaan bumi di sejumlah wilayah tersebut menjadi lebih banyak. Sehingga meningkatkan suhu udara di siang hari.

 

Banyak minum air putih

Pantauan dalam beberapa hari terakhir, atmosfer di wilayah Indonesia bagian selatan relatif kering. Sehingga menghambat pertumbuhan awan yang berfungsi menghalau teriknya panas matahari.

Minimnya tutupan awan akan mendukung pemanasan permukaan. Hal ini pun berdampak pada suhu udara yang terus meningkat.

Gerak semu matahari sebenarnya merupakan suatu siklus biasa yang akan terjadi setiap tahunnya. Sehingga suhu udara panas seperti ini dapat berulang di periode yang sama pada tahun berikutnya.

Mengatasi kondisi cuaca yang begitu panas ini, BMKG pun mengimbau masyarakat untuk minum air putih yang cukup sehingga terhindar dari dehidrasi. Selain itu, mengenakan pakaian yang melindungi kulit dari sinar matahari ketika beraktivitas di luar ruangan.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Fimela ingin mengajak kamu untuk lebih inspiratif dan positif dengan berbagai kelas inspiratif di Fimela Fest 2019. Yuk! daftarkan dirimu, di sini!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading