Atasi Stres Saat Macet dengan 5 Cara ini

Fimela Editor25 Okt 2019, 15:00 WIB
Macet

Fimela.com, Jakarta Mobilitas yang tinggi di kota - kota besar, sering menjadi alasan terjadinya kemacetan pada jam sibuk, saat pergi atau pulang kantor yaitu di pagi hari dan sore hari. Beban pekerjaan yang menumpuk membuat beberapa orang ingin cepat sampai rumah, namun karena kemacetan yang tidak dapat dihindarkan mengakibatkan perjalanan pulang menjadi terhambat. Stres di jalan sudah menjadi rutinitas para pengendara, lalu bagaimana cara mengatasi stres saat terjebak dalam kemacetan?

Walaupun kamu tidak dapat mengontrol atau menghindari kemacetan di sekitar, namun ada cara yang bisa dilakukan untuk mengelola emosi. Dilansir dari thenewswheel.com tips berikut ini bisa menjadi cara yang efektif untuk membuatmu lebih tenang dan rileks ditengah kemacetan.

1. Mendengarkan musik atau sesuatu yang membuatmu merasa rileks

Ketika kamu terjebak dalam lalu lintas, kamu tidak pernah tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan. Hal ini akan menyebabkan stres, jadi mengapa tidak mencoba mengambil kesempatan yang disediakan lalu lintas untuk mendengarkan sesuatu yang menenangkan? Kamu bisa mendengarkan lagu favorit sambil bernyanyi, kamu juga bisa membaca buku favorit. Melakukan sesuatu yang santai akan memungkinkan untuk mendapatkan waktu pribadi yang mungkin tidak dimiliki.

2. Cari posisi yang nyaman

Gunakan pemanas atau pendingin udara seperlunya untuk membuat kamu merasa nyaman. Jika mobil kamu terasa pengap, kamu bisa mencoba untuk membuka jendela jika cuaca bagus. Jika kamu tidak nyaman saat macet, itu hanya akan meningkatkan tingkat stres dan emosi, sehingga posisikan tubuh dan pikiran agar merasa nyaman untuk mengatasi stres di tengah padatnya lalu lintas.

Tips atasi stres di saat macet melanda

Macet
Macet membuat stres? atasi dengan 5 cara mudah berikut ini (Foto: Matthew Henry on Unsplash)

3. Tarik nafas dan buang perlahan

Semua masalah pasti akan berakhir, begitu juga kemacetan yang kamu hadapi. Apalagi jika kamu sudah menghabiskan hari yang panjang di tempat kerja dan hanya ingin pulang cepat. Cobalah mengambil napas dalam-dalam sesekali dan hembuskan. Lakukan hal ini sebgaai bentuk relaksasi untuk membuatmu lebih tenang walaupun di dera bisingnya suara klakson dan padatnya arus lalu lintas.

4. Makan bisa menjadi mood booster kamu saat stres melanda

Saat kamu melaju menyusuri jalan raya dengan kecepatan 65 mil per jam, rasanya tidak aman untuk makan atau minum, tetapi ketika mobilmu melaju dalam padatnya arus, ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk makan dan minum. Minumlah air dan cobalah makan makanan berprotein tinggi agar kamu tetap berenergi, sehingga memudahkan kamu untuk melalui kemacetan lalu lintas.

5. Menelpon orang yang terdekat

Cobalah menelpon ibu, ayah, kerabat terdekat atau siapapun yang ingin kamu ajak bicara. Saat terjebak macet inilah kesempatan sempurna untuk menyapa, bercerita, sharing dengan orang-orang yang mungkin bisa mengubah suasana hatimu mennjadi lebih baik. Jangan ragu untuk menelepon orang-orang terdekat ketika kamu menghadapi hari yang berat. Jangan lupa untuk menggunakan perangkat bebas genggam dalam menggunakan ponsel saat berkendara, untuk membuat kamu dan orang-orang di sekitar kamu aman saat berada di jalan. Keselamatan juga harus di perhatikan ya!

Yang terpenting dari menghadapi stres saat macet adalah, coba kurangi penggunaan kendaraan pribadi. Selain mengurangi tingkat polusi udara yang buruk, kamu juga mengurangi volume kendaraan yang biasa memadati jalanan. Gunakan transportasi publik, selain harganya yang murah kamu juga bisa mempercepat mobilisasi.

(Iffah Nurahmah)

Fimela ingin mengajak kamu untuk lebih inspiratif dan positif dengan lewat berbagai kelas menarik di Fimela Fest 2019. Yuk, daftarkan dirimu di sini!

Lanjutkan Membaca ↓