4 Tips Lebih Cepat Melunakkan Mentega dan Margarin

Endah Wijayanti24 Okt 2019, 14:35 WIB
Margarin

Fimela.com, Jakarta Untuk keperluan membuat kue, biasanya kita perlu menggunakan mentega atau margarin lunak. Mentega atau margarin menjadi kunci penting dalam banyak resep kue. Sejumlah resep menyebutkan perlunya menggunakan margarin atau mentega lunak karena bisa lebih cepat tercampur rata dengan bahan lainnya.

Kadang kita menyimpan mentega dan margarin di kulkas. Ketika membutuhkannya, kita perlu melunakkannya terlebih dahulu. Umumnya kita hanya perlu meletakkannya di suhu ruangan agar lunak. Tapi bila mempersingkat waktu agar mentega dan margarin lebih cepat lunak, tips-tips berikut ini bisa dicoba.

1. Menggunakan Gelas Hangat

Dilansir dari food.ndtv.com, agar mentega bisa lebih cepat lunak kita bisa menggunakan gelas hangat. Caranya mudah saja. Siapkan gelas, isi dengan air panas, kemudian diamkan sebentar sampai airnya agak hangat. Kemudian, buang airnya, lalu gelas yang kosong itu kita telungkupkan di atas potongan mentega atau margarin yang kita butuhkan. Cara ini bisa membuat mentega atau margarin bisa lebih cepat lunak.

2. Menggunakan Uap Air Panas

Didihkan air. Lalu taruh mentega di dalam wadah. Kemudian, dekatkan wadah tersebut sampai terkena uap air panas. Wadah tak perlu dimasukkan ke dalam panci karena nantinya malah akan membuat mentega meleleh. Cukup dekatkan dengan uap air panasnya. Uap air panas dari air yang mendidih bisa mempercepat proses pelunakan mentega atau margarin.

 

3. Dipotong Kecil-Kecil

Sebaiknya Tidak Menggoreng Makanan dengan Margarin
Ilustrasi.

Ini cara yang sangat mudah untuk dilakukan. Kita bisa memotong mentega atau margarin jadi beberapa bagian yang lebih kecil. Kemudian, biarkan di suhu ruangan maka akan lunak lebih cepat.

4. Menggunakan Microwave

Punya microwave di rumah? Coba gunakan untuk melunakkan mentega. Taruh mentega di wadah tahan panas khusus microwave. Kemudian nyalakan microwave sekitar lima detik, maka mentega bisa langsung lunak.

Cukup mudah kan cara untuk melunakkan mentega dan margarin lebih cepat? Semoga infonya bermanfaat, ya.

***

Sudah siap untuk hadir di acara FIMELA FEST 2019? Pilih kelas inspiratifnya di sini.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓