Saat Sedang Stres, Sebaiknya Hindari Makanan Pedas

Endah Wijayanti26 Okt 2019, 08:15 WIB
makanan saat stres

Fimela.com, Jakarta Ketika sedang banyak pikiran, tertekan, atau stres, seringkali kita kesulitan untuk mengontrol nafsu makan. Padahal kemampuan mengontrol nafsu makan ini sangatlah penting ketika sedang stres karena berdampak sangat besar pada kondisi tubuhmu. Setidaknya saat sedang stres, hindari mengonsumsi makanan pedas.

Asam lambung kita bisa naik saat mengonsumsi makanan pedas ketika sedang stres. Dilansir dari anxiety.org, saat kita sedang stres, metabolisme tubuh akan menurun. Dengan kondisi metabolisme yang menurun ini, tubuh tidak bisa mencerna makanan dengan baik. Mengonsumsi makanan pedas ketika perut dalam keadaan sensitif seperti itu bisa membuat asam lambung naik.

 

Makanan Pedas Dihindari Dulu, ya

Makanan pedas (cabai, paprika, lada)
Ilustrasi./ (sumber: iStockphoto)

Stres dan rasa cemas atau tertekan kita bisa makin parah bila kita berlebihan mengonsumsi makanan pedas saat sedang stres. Berlebihan mengonsumsi makanan pedas juga bisa menyebabkan gastritis akut. Dilansir dari food.ndtv.com, gejala-gejala gastritis akut ini bisa meliputi muntah, mual, diare, demam, sakit kepala, dan tinja yang keluar disertai dengan darah. Bila kita pada dasarnya punya perut yang sensitif, perlu sangat berhati-hati untuk membatasi atau tidak mengonsumsi makanan pedas sama sekali.

Bila dikonsumsi dengan cukup, makanan pedas bisa memberi sejumlah manfaat yang baik untuk tubuh. Namun, jika berlebihan dampaknya bisa mengacaukan sistem tubuh dan pencernaan kita. Terutama saat sedang stres dan perut dalam keadaan sensitif, sebaiknya benar-benar harus menghindari makanan pedas ini.

***

Sudah siap untuk hadir di acara FIMELA FEST 2019? Pilih kelas inspiratifnya di sini.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓