Tips Mengukus Sayur agar Kandungan Nutrisinya Tetap Terjaga

Endah Wijayanti26 Okt 2019, 16:15 WIB
mengukus sayur

ringkasan

  • Air dalam Kukusan Didihkan Terlebih Dahulu
  • Waktu untuk Mengukus Tak Lebih dari 15 Menit
  • Tutup Panci Kukus
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Aneka sayur seperti brokoli, asparagus, dan wortel bisa dinikmati dengan cara dikukus. Sayuran kukus bisa jadi lauk yang sehat dan enak untuk dinikmati sehari-hari. Agar kandungan nutrisinya tetap terjaga, cara mengukusnya harus benar.

Sayuran bisa kita potong seukuran sekali gigit aar bisa lebih cepat matang. Selain itu, sayuran yang dipotong seragam bisa memudahkan kita untuk memasaknya dengan tingkat kematangan yang sama. Berikut tips mengukus sayur yang baik.

1. Air dalam Kukusan Didihkan Terlebih Dahulu

Siapkan panci untuk mengukus. Didihkan air dalam kukusan terlebih dahulu. Kemudian, kita baru bisa memasukkan sayuran yang akan dikukus. Bisa dimulai dengan meletakkan sayuran yang teksturnya lebih keras di bagian paling bawah, lalu ditumpuk dengan sayuran yang lebih lunak di atasnya (bila kita mengukus jenis sayuran berbeda dalam satu panci kukus).

2. Waktu untuk Mengukus Tak Lebih dari 15 Menit

Disarankan waktu untuk mengukus sayur tak lebih dari 15 menit. Untuk sayur bayam, cukup dikukus tiga menit. Asparagus dan buncis cukup lima menit. Sayur kale dan sayuran hijau dengan ketebalan yang sama bisa dikukus sekitar lima hingga tujuh menit. Untuk kembang kol dan brokoli bisa dikukus sekitar delapan sampai sepuluh menit. Sedangkan sayuran yang bertekstur lebih keras seperti bit, wortel, kentang, dan umbi-umbian bisa dikukus sekitar sepuluh hingga 15 menit.

3. Tutup Panci Kukus

Agar lebih cepat matang, panci kukus perlu ditutup. Sehingga uap yang keluar bisa lebih maksimal mempercepat proses pematangan sayur. Setelah sayur empuk, api bisa langsung dimatikan dan sayur kita pindahkan ke piring.

Sayur kukus bisa langsung dinikmati dengan sedikit taburan garam dan minyak zaitun. Jadi, mau menikmati sayuran kukus apa hari ini?

***

Sudah siap untuk hadir di acara FIMELA FEST 2019? Pilih kelas inspiratifnya di sini.