Sukses

Lifestyle

15 Cara Suhu Tubuh Tetap Dingin dalam Cuaca Panas

Fimela.com, Jakarta Cuaca panas di Indonesia masih akan berlangsung selama beberapa hari ke depan. Makassar tercatat memiliki suhu tertinggi mencapai 38 derat celsius.

Dehidrasi pun menjadi salah satu ancaman besar dalam menghadapi cuaca panas yang bisa dihindari dengan cukup minum air putih. Selain dehidrasi, penyakit yang sering dialami di antaranya heat cramps atau kram otot menyakitkan, heat exhaustion, sampai heat stroke yaitu kondisi yang terjadi saat tubuh terlalu panas.

Nah, bagaimana menjaga suhu tubuh tetap dingin ketika cuaca panas? Melansir dari medicinenet.com, berikut 15 cara yang bisa kita coba;

 

1. Ubah Pola Olahraga Luar Ruangan

Manfaatkan waktu yang lebih sejuk seperti pagi dan sore hari untuk berolahraga. Namun jika jadwal olahraga tak bisa diubah, cobalah untuk mengurangi durasi dan jenis latihan.

2. Gunakan Pakaian Longgar

Pilih baju berwarna terang dan tak harus berwarna putih. Sebab meski memakai baju warna putih berukuran ketat akan terasa lebih panas ketimbang baju warna hitam longgar.

3. Pilih Bahan yang Tepat

Bahan katun akan membuat kamu merasa lebih dingin saat cuaca panas ketimbang serat sintetis lainnya. Cotton combed menjadi rekomendasi jenis kain katun yang dibuat dari serat kapas murni yang biasanya digunakan untuk produksi kaus.

 

4. Botol Spray

Selain tubuh, wajah juga membutuhkan air untuk penyegaran. Isi botol spray dengan air putih dan simpan di lemari es, semprotkan wajah setelah berada di luar ruangan.

5. Kipas Angin

Kipas dapat membantu mengalirkan udara dan membuatmu merasa lebih sejuk. Bahkan meski di rumahmu memasang air conditioner.

6. Simpan lotion di lemari Es

Cobalah menyimpan sebagian lotion atau toner kosmetik di kulkas. Aplikasikan pada bagian kaki dan kepanasan setelah terpapar sinar matahari.

 

 

7. Persediaan Air dalam Freezer

Simpan botol plastik berisi air dalam freezer. Ambil satu saat kamu pergi sebagai persediaan air dingin.

8. Frekuensi Mandi

Jika kamu merasa kepanasan, tidak masalah untuk menambah frekuensi mandi. Bisa diselingi dengan air dingin atau hangat.

9. Selingi Air Putih dengan Minuman Lain

Jika merasa sudah cukup meminum air putih, kita bisa menyelinginya dengan jenis lain. Seperti minuman dengan sumber elektrolit.

10. Kipas Angin Mini Portable

Ternyata kipas kecil yang bisa dibawa-bawa juga bisa membantu kita tetap dingin. Terutama saat acara di luar ruangan, bonus tangan anti-pegal.

 

11. Topi Pendingin

Tips ini didapat dari seorang pro tenis. Saat kamu memakai topi, lepas dan tuangkan sedikit air es, lalu balikkan dan kembali pakai di kepala.

12. Hindari Kafein dan Alkohol

Sudah jelas, karena dua minuman ini justru menambah dehidrasi.

13. Pilihan makanan

Daripada mengonsumsi makanan yang panas, cobalah untuk mencicipi snack khas musim panas yang mengandung buah atau produk rendah lemak.

14. Nikmati AC di ruang publik

Jika tidak memiliki AC, aturlah untuk menghabiskan waktu di pusat perbelanjaan, perpustakaan umum, atau lokasi favorit lainnya. Sambil cuci mata pastinya.

15. Memilih di ruangan

Jika tidak ada keperluan urgensi, cobalah untuk berada di rumah atau ruangan. Hindari aktivitas di bawah sinar matahari langsung atau pada permukaan aspal yang panas.

Berikan perhatian khusus pada orangtua, bayi, dan siapa saja yang sedang sakit karena mereka dapat mengalami dehidrasi dengan mudah. Termasuk hewan peliharaan jika kamu memilikinya.

Simak Video Menarik Berikut Ini

#GrowFearless with FIMELA 

FIMELA FEST 2019 hadir kembali dengan berbagai talk show dan kelas inspiratif, 16-17 November 2019. Daftar untuk mengikuti berbagai kelasnya di sini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading