Cara Membuat Telur Asin yang Enak dengan Air dan Garam

Mimi Rohmitriasih25 Okt 2019, 13:45 WIB
telur asin

Fimela.com, Jakarta Telur asin menjadi salah satu makanan yang disukai oleh hampir semua orang. Disantap bersama nasi putih hangat, bakso, gado-gado, soto atau gulai, telur asin mampu membuat seseorang nambah porsi makannya.

Mengenai telur asin, biasanya telur asin dibuat dengan memanfaatkan abu gosok atau pasir batu bata yang diberi garam. Namun Sahabat Fimela, sebenarnya telur asin bisa dibuat dengan lebih praktis menggunakan air dan garam. Untuk kualitas rasa, telur asin yang dibuat dengan air dan garam tak kalah lezat dan gurih dari telur asin yang dibuat atau diproses dengan memanfaatkan abu gosok serta pasir batu bata.

Untuk membuat telur asin pakai air dan garam, simak baik-baik caranya ini ya.

Cara Membuat Telur Asin

telur asin
telur asin/copyright: shutterstock
  1. Pertama adalah siapkan bahan. Pilih telur bebek yang kualitasnya bagus dan masih baru.
  2. Siapkan 12 telur bebek, 1,2 liter air dan 500 - 600 gram garam dapur dan toples kedap udara.
  3. Cuci bersih telur asin, lap kulitnya agar air sisa cucian kering. Amplas telur bebek agar pori-porinya lebih terbuka dan rasa asin garam lebih mudah terserap ke dalam telur.
  4. Campur air dan garam kemudian aduk hingga garam larut. Rebus air garam hingga mendidih kemudian angkat dan biarkan dingin.
  5. Susun telur bebek secara baik di dalam toples kemudian rendam dengan air garam yang telah direbus. Tutup toples dan simpan telur bebek di dalam air garam kurang lebih selama 12 - 14 hari.
  6. Agar telur yang direndam tidak mengambang, beri pemberat di atas telur berupa air yang ditaruh dalam plastik atau menekan telur dengan papan kayu hingga benar-benar terendam dengan baik di air garam.
  7. Jika telur asin dirasa sudah siap, angkat telur dari air rendaman dan cuci bersih.
  8. Rebus telur untuk mengetahui telur telah terasa asin dan masir atau tidak. Tak hanya direbus, telur asin bisa diolah menjadi berbagai masakan enak lainnya termasuk dibuat saus telur asin.

Itulah cara membuat telur asin hanya dengan air dan garam. Agar telur asin yang dibuat menuai keberhasilan, usahakan untuk menyimpan rendaman telur asin di tempat yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari langsung. Semoga tips dapur ini bermanfaat.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓