Agar Tumis Jamur Tidak Lembek, Ikuti 3 Tips Mudah Ini

Endah Wijayanti25 Okt 2019, 14:20 WIB
tumis jamur

Fimela.com, Jakarta Suka dengan tumis jamur yang teksturnya masih renyah? Sayangnya, ketika kita membuatnya sendiri di rumah kadang kita mendapati hasil tumis jamurnya lembek. Rasanya pun jadi kurang enak.

Agar tumis jamur tidak lembek, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Secara umum, tiga hal penting ini perlu dilakukan untuk menghasilkan tumis jamur yang teksturnya masih renyah. Langsung saja simak di sini.

1. Jamur Jangan Direndam Air

Pilih jamur segar untuk menghasilkan tumisan yang enak. Selain itu, dalam proses pencuciannya hindari merendamnya dengan air. Bahkan tak perlu dicuci dengan air mengalir. Untuk membersihkan jamur, kita cukup menyiapkan kain bersih yang sudah dibasahi air. Permukaan jamur bisa kita lap dengan kain tersebut. Tapi bila merasa jamur masih kurang bersih, kita bisa membasuhnya dengan air tapi cukup dibilas sebentar saja.

2. Gunakan Api Sedang

Supaya jamur cepat matng dan layu, kita perlu menggunakan api sedang. Bila menggunakan api kecil, nantinya jamur akan lebih lama empuknya. Sedangkan bila menggunakan api besar, dikhawatirkan jamur jadi terlalu cepat gosong saat ditumis.

3. Jamur Dimasukkan Terakhir

Dalam proses memasaknya, bumbu ditumis dulu sampai matang. Tambahkan air, lalu tunggu sampai air mendidih. Terakhir, jamur bisa dimasukkan. Proses memasak jamur ini tak perlu terlalu lama. Cukup sampai jamur terlihat layu. Setelah itu, tumis jamur bisa langsung dihidangkan di piring saji. Bila dimasak terlalu lama, tekstur jamur akan lembek dan kurang enak disantap.

Cukup mudah bukan untuk mengikuti tips-tipsnya? Semoga dengan tips ini, kita bisa mendapatkan hasil tumisan jamur yang lebih renyah.

***

Sudah siap untuk hadir di acara FIMELA FEST 2019? Pilih kelas inspiratifnya di sini.

 

#GrowFearless with FIMELA