5 Tips Agar Kuah Sup Daging Tidak Terlalu Berminyak dan Berlemak

Febi Anindya Kirana26 Okt 2019, 12:21 WIB
sup daging

Fimela.com, Jakarta Seringkali kita akan menemukan kuah sup daging atau masakan dengan bahan daging terlalu berlemak. Bukan hanya tak sehat, tapi juga tak enak dimakan karena terlalu berminyak. Jika ingin memasak memasak kuah sup yang tidak terlalu berlemak dan berminyak, ada sekian cara yang bisa dilakukan.

1. Gunakan kaldu beku

Buat kaldu beberapa hari sebelumnya atau gunakan kaldu cadangan yang telah dibekukan. Biasanya lemak akan terpisah dan berada di bagian paling atas berwarna putih. Buang bagian lemak dan minyak ini dari kaldu, dan gunakan airnya saja.

2. Gunakan daging dengan sedikit lemak

Jika memungkinkan, gunakan daging yang memiliki sedikit lemak. Jika ada lemak yang menempel, buang dan gunakan dagingnya saja untuk kaldu.

3. Buang minyak dan lemak yang mengapung

sop buntut
Ilustrasi sop buntut./Copyright shutterstock.com

Sebelum diolah lebih lanjut menjadi sup, soto atau yang lainnya, setelah membuat kaldu, dinginlah lebih dulu. Tunggu hingga lemak dan minyaknya mengapuk di atas, kemudian ambil dengan sendok sayur bagian atasnya yang berminyak dan berlemak.

4. Gunakan kaldu blok

Jika ingin lebih praktis, gunakan kaldu blok atau bubuk yang sudah tak ada lemaknya. Gunakan secukupnya dan tinggal memasukkan ke dalam sup.

5. Jangan menambahkan minyak

Ketika menumis bumbu masakan, jangan menambahkan minyak lagi. Gunakan minyak yang ada pada kuah dengan cara menyendok lemak secukupnya. Tuang ke dalam wajan dan tunggu hingga airnya habis, setelah itu gunakan untuk menumis bumbu. Tak perlu menggunakan minyak lagi.

Itu dia sekian cara membuat kuah sup daging tidak berminyak dan berlemak.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓