Tips Agar Kuah Kaldu Daging Bersih dan Tidak Keruh

Febi Anindya Kirana27 Okt 2019, 15:25 WIB
kuah sup

Fimela.com, Jakarta Ketika memasak masakan menggunakan kuah kaldu, seringkali kuah akan berubah keruh, entah karena bumbunya dan karena daging yang dipakai. Beberapa orang lebih menyukai kuah kaldu yang bening karena lebih enak dipandang dan menggugah selera. Ini caranya membuat kuah kaldu sup agar tidak keruh.

1. Saring bumbu masakan

Ketika memasak dan membuatuhkan bumbu halus, agar tidak terlalu keruh, saring kuah setelah memasaknya dengan bumbu. Misalnya ketika membuat kuah soto, masak dulu kaldunya, dan setelah memasukkan bumbu yang sudah matang, rebus hingg mendidih dan saring. Setelah itu baru tambahkan isian sotonya.

2. Buang air rebusan pertama

Jika membuat kaldu dulu, buang air rebusan pertama. Biasanya inilah air rebusan yang kotor dan mengandung banyak lemak. Setelah emrbus dgaing cukup mayang, buang airnya dan rebus lagi daging yang sudah bersih.

3. Saring kaldu

sup daging kuah bening
By Ildi Papp

Setelah merebus daging untuk membuat kaldu yang bening, jangan lupa menyaring lagi setelah dingin untuk memisahkan jika ada sisa kotoran atau remah-remah daging yang membuat keruh.

4. Pakai bumbu utuh

Sebisa mungkin gunakan bumbu utuh sehingga bisa menjaga kuah tetap bening. Setelah cukup matang dan sedap, ambil bumbu utuh tersebut agar tidak mengotori kuah.

Itu dia sekian cara agar kuah kaldu daging bening atau tidak keruh sehingga tampak menggugah selera.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓