FIMELA FEST 2019: Di Usia Ini Orang Paling Percaya Diri dan Mencintai Diri Sendiri

Febi Anindya Kirana26 Okt 2019, 13:34 WIB
mencintai diri sendiri

Fimela.com, Jakarta Percaya diri merupakan bekal yang harus dimiliki setiap orang di dunia ini jika ingin bisa meraih apa yang diimpikan. Kadar percaya diri adalah modal penting yang menuntun pada banyak kesuksesan atau justru kegagalan, bahkan kadar percaya diri bisa jadi ukuran seberapa besar seseorang mencintai dirinya sendiri.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki rasa percaya diri yang besar, bahkan usia pun memengaruhi seberapa besar rasa percaya diri seseorang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada usia tertentu di mana sebagian besar orang merasa paling percaya diri dalam hidupnya.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Psychological Bulletin menemukan bahwa ternyata orang merasa paling percaya diri dan mencintai diri sendiri di usia 60 tahun, kemudian menurun di usia 70 ke atas.

Percaya Diri Tanda Mencintai Diri Sendiri

mencintai diri sendiri
ilustrasi self love/Photo by Leah Kelley from Pexels

Banyak orang mengira rasa percaya diri seseorang berada di puncaknya pada usia 20 atau 30an tahun. Sayangnya tidak seperti itu yang ditemukan penelitian yang dilakukan di University of Bern, Swiss ini.

Di usia 20 atau 30an tahun orang mungkin memiliki kondisi fisik yang prima, namun mereka juga memiliki banyak pikiran untuk membangun kehidupan, rasa cemas dan kekhawatiran juga paling tinggi di usia ini. Bahkan orang memiliki kesulitan mencintai diri sendiri di usia ini.

Sedangkan di usia 60 tahun, rata-rata kehidupan orang sudah mencapai stabil dan kepuasan hidup cukup tinggi. Di usia inilah orang juga memiliki rasa mengharagai diri yang cukup tinggi.

Tapi apakah harus menunggu usia 60 tahun dulu untuk bisa mencintai diri sendiri? Jika bisa dimulai dari sekarang, mengapa tidak? Belajarlah mencintai diri sendiri dan memupuk percaya diri adalah salah satu cara untuk memulainya.

Fimela ingin mengajakmu untuk lebih inspiratif dan positif dengan mengikuti berbagai kelas inspiratif di Fimela Fest 2019. Yuk! daftarkan dirimu, di sini.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓