Hitung Uang Pensiun, Berapa Banyak yang Harus Ditabung Milenial Setiap Bulan?

Karla Farhana28 Okt 2019, 16:00 WIB
[Fimela] Menabung

Fimela.com, Jakarta Ada banyak milenial yang memikirkan soal tabungan. Baik tabungan jangka pendek, atau jangka panjang untuk biaya kehidupan setelah menikah, membeli rumah, dan kebutuhan anak di masa depan. Hitung-hitungan menabung biasanya menggunakan persentase agar pengaturan keuangan lebih terarah dan mudah. 

Selain menabung untuk masa depan anak, Sahabat Fimela juga harus memikirkan soal pensiun sejak dini. Di Indonesia, Sahabat Fimela yang bekerja untuk pemerintah alias PNS, atau juga bekerja di bawah naungan perusahaan swasta, biasanya sudah diberikan program retirement yang dipotong dari gajimu per bulan. 

Pemerintah Indonesia pun sudah memberikan fasilitas tersebut lewat BPS Ketenagakerjaan. Tetapi, potongan untuk hari tua terbilang sedikit. Padahal, dilansir dari CNBC, standar potongan untuk tabungan di hari tua sebesar 15% per bulan, sampai kamu pensiun. 

Tapi nyatanya, ada begitu banyak ahli ekonomi dan keuangan pribadi yang menyatakan angka tersebut masih terlalu kecil, mengingat milenial ingin melewatkan masa tua tanpa kesulitan ekonomi. Lantas, berapa banyak yang harus kamu tabung agar bisa nyaman menikmati hari tua nanti?

Menabung Jauh Lebih Banyak

[Fimela] Menabung
Ilustrasi Menabung | unsplash.com/@f7photo

Ternyata, menurut profesor asuransi dan risk management and business economics & public policy, sekaligus xecutive director of Wharton’s Pension Research Council di University of Pennsylvania, Olivia S. Mitchell, Sahabat Fimela harus menyisihkan 40% dari pendapatan per bulan selama 30 tahun sampai nanti pensiun. 

Jumlah ini sudah pasti besar buat milenial di Negeri Paman Sam, dan tentu saja super besar bagi milenial Tanah Air. Tapi ini bukan hitung asal-asalan, melainkan berdasarkan penelitian akademis dari MIT economist. Jumlah persentase dan lama menabung untuk hari tua ini berdasarkan gambaran pensiun di usia 65 tahun. 

Sayangnya, 43% milenial di AS justru mengaku ingin pensiun di usia yang lebih muda. Kalau Sahabat Fimela sendiri, di usia berapa ingin pensiun dan menikmati hidup tanpa ada beban dan masalah keuangan? 

#Growfearless with FIMELA

Fimela ingin mengajak kamu untuk lebih inspiratif dan positif dengan lewat berbagai kelas menarik di Fimela Fest 2019. Yuk, daftarkan dirimu di sini!

Lanjutkan Membaca ↓