FIMELA FEST 2019: 5 Tips Move On Saat Kamu Merasa Depresi

Annissa Wulan28 Okt 2019, 19:30 WIB
Ilustrasi stres

Fimela.com, Jakarta Depresi bukan sesuatu yang bisa dihilangkan, namun kamu bisa mengelolanya untuk kemudian belajar tentang self love. Depresi dapat mempengaruhi kesehatan mental dengan cara yang paling buruk.

Gejala depresi bisa dimulai dengan rasa takut, khawatir, dan putus asa. Dilansir dari yourtango.com, Senin (28/10/2019), berikut ini adalah beberapa tips move on saat kamu merasa sangat depresi.

1. Menilai situasi

Ada jenis depresi, yaitu situasional dan kimia. Keduanya memiliki gejala yang sama, namun disebabkan oleh hal yang berbeda.

Depresi situasional disebabkan oleh sesuatu yang terjadi dalam hidupmu. Ketika sesuatu yang besar terjadi dan membuatmu sedih, ini dinamakan depresi situasional.

Sedangkan depresi kimia dapat terjadi bahkan ketika hidupmu baik-baik saja. Depresi kimia disebabkan oleh kemunduran otak atau bisa karena peristiwa kehidupan yang traumatis.

2. Lakukan hal-hal yang membuatmu merasa lebih baik

Ketika depresi, penting untuk melakukan hal-hal yang membuatmu merasa lebih baik. Apapun, seperti makan, nonton film, yoga, membaca buku, atau jalan-jalan. Mulailah dengan menulis daftar hal-hal yang kamu sukai untuk mengelola depresi.

 

3. Menjaga pikiran

Ilustrasi stres
Ilustrasi stres. Sumber foto: unsplash.com/Jeshoots.

Otak memberikan pengaruh besar ketika kamu depresi, sehingga ketika depresi, penting untuk membuat otak tetap sibuk. Lakukan apapun yang membuatmu tidak memiliki kesempatan memikirkan hal lain.

4. Memilih teman dengan hati-hati

Salah satu hal yang perlu kamu kelola adalah lingkungan. Perhatikan dengan siapa kamu paling banyak menghabiskan waktu ketika depresi, hindari mereka.

5. Minta tolong dokter

Jika semua hal gagal, segera hubungi profesional atau dokter. Depresi yang terjadi secara konsisten dapat mengindikasi beberapa masalah kesehatan yang serius.

Ingin tahu lebih banyak hal tentang tips mengelola depresi dan belajar self love? Jangan lewatkan talkshow “Self Love and Be Good to Your Self” bersama Andra Alodita & Tara de Thouars di Gandaria City pada hari Minggu (16/11/2019). Daftarkan dirimu sekarang juga di sini dan dapatkan kesempatan untuk menghadiri langsung Fimela Fest 2019!

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓