Cara Menghilangkan Sariawan di Lidah dengan Cepat dan tanpa Rasa Sakit

Fimela Editor28 Okt 2019, 14:32 WIB
bau mulut

Fimela.com, Jakarta Dalam istilah medis, sariawan disebut stomatitis aftosa (apthous stomatitis). Sariawan adalah luka di dalam mulut yang bisa menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman bagi penderitanya. Sariawan bisa berbentuk oval atau bulat, dengan warna putih atau kuning yang tepiannya berwarna merah akibat peradangan.

Sariawan bisa menimpa semua kalangan, baik laki-laki atau perempuan, bahkan tua atau muda. Lokasi terbentuknya sariawan bisa terjadi di bagian dalam pipi atau bibir, serta di permukaan gusi dan lidah. Pertumbuhan sariawan pun kadangkala bisa berjumlah lebih dari satu titik. Berikut akan kami bagikan cara menghilangkan sariawan di lidah dengan cepat dan tanpa rasa sakit.

Cara Menghilangkan Sariawan di Lidah

Sariawan
Sariawan bisa muncul di lidah. (Foto: pexels.com)

Sariawan ditandai dengan luka yang muncul di dalam mulut, namun seringkali muncul pula pada lidah. Luka sariawan umumnya berwarna putih dan biasanya sedikit membengkak. Sariawan dapat pulih tanpa pengobatan medis dalam waktu satu hingga dua minggu. Untuk itu akan kami berikan informasi cara menghilangkan sariawan di lidah yang mungkin sedang kamu alami.

Menggunakan obat anti jamur

Beberapa sariawan disebabkan oleh infeksi jamur pada mulut, untuk itulah diperlukan obat antijamur yang bisa digunakan menjadi cara menghilangkan sariawan di lidah. Obat anti jamur tersedia dalam dua pilihan, yaitu obat anti jamur clomatrizole yang berbentuk tablet kunyah, dan juga obat anti jamur nystatin yang digunakan seperti obat kumur.

Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam bisa juga dijadikan cara menghilangkan sariawan di lidah. Yang harus kamu lakukan yaitu dengan mencampurkan 1/2 sdt garam dalam secangkir air hangat, kemudian gunakanlah untuk berkumur beberapa saat lalu buang. Berkumur dengan air garam bisa kamu lakukan berulang-ulang dalam sehari, karena bahan yang ada di dalamnya relatif aman untuk tubuh.

Mengonsumsi yogurt tanpa pemanis

Saat mengalami sariawan di lidah, kamu akan mengalami kesulitan makan dan minum. Untuk itu pilihlah makanan yang lembut agar tidak semakin melukai sariawan yang kamu alami. Bisa juga kamu mengonsumsi agar-agar, es krim, maupun yogurt. Pilihlah yogurt yang tidak berasa atau yogurt tanpa pemanis, yang mengandung Lactobacillus acidophilus yang berguna mengembalikan tingkat bakteri baik dalam tubuh.

Membatasi asupan gula dan produk yang mengandung ragi

Selain memperhatikan tekstur makanan yang masuk ke dalam tubuhmu, kamu juga harus memperhatikan kandungan pada makanan yang akan kamu konsumsi. Saat mengalami sariawan, batasilah asupan gula yang masuk ke dalam tubuhmu sebagai cara menghilangkan sariawan. Selain membatasi asupan gula, kamu juga perlu menghindari produk yang mengandung ragi seperti roti, bir, serta wine. Produk yang mengandung ragi akan lebih cepat mendorong perkembangan jamur dan memperparah kondisi sariawanmu.

Cara Menghilangkan Sariawan dengan Cepat

4 Keuntungan Daun Sirih untuk Kecantikan Wajah
Daun sirih sebagai obat tradisional. (via: pedulisehat.info)

Sariawan disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya infeksi virus, cedera pada lapisan dalam mulut, efek samping dari obat atau proses pengobatan, serta perubahan hormon dan beberapa faktor lain. Pada umumnya, sariawan dapat pulih dengan sendirinya. Namun beberapa orang yang terganggu dengan keberadaan sariawan itu, berusaha mencari cara menghilangkan sariawan dengan cepat. Berikut akan kami berikan informasi yang kamu perlukan.

Mengunyah daun sirih

Ada pengobatan tradisional yang bisa kamu jadikan cara menghilangkan sariawan dengan cepat, yaitu dengan mengunyah daun sirih. Daun sirih berkhasiat sebagai antiradang, antioksidan, dan antibakteri yang berguna untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. 2. Menggunakan obat kumur yang tidak mengandung alkohol

Salah satu cara menghilangkan sariawan dengan cepat adalah dengan rutin berkumur dengan obat kumut. Pilihlah obat kumur yang tidak mengandung alkohol. Selain itu, kamu bisa juga menggunakan obat kumur yang mengandung chlorhexidine yang berfungsi membasmi bakteri penyebab penyakit di mulut. Obat kumur jenis ini bisa juga mengobati pendarahan, pembengkakan, dan peradangan pada gusi.

Menggunakan obat kumur yang tidak mengandung alkohol

Salah satu cara menghilangkan sariawan dengan cepat adalah dengan rutin berkumur dengan obat kumut. Pilihlah obat kumur yang tidak mengandung alkohol. Selain itu, kamu bisa juga menggunakan obat kumur yang mengandung chlorhexidine yang berfungsi membasmi bakteri penyebab penyakit di mulut. Obat kumur jenis ini bisa juga mengobati pendarahan, pembengkakan, dan peradangan pada gusi.

Mengoleskan madu

Selain mengoleskan obat pada bagian mulut yang sedang mengalami sariawan, madu bisa menjadi altenatif lain cara menghilangkan sariawan tanpa rasa sakit. Berdasarkan penelitian, madu cukup efektif dalam mencegah infeksi dan membantu proses penyembuhan luka, termasuk luka akibat sariawan. Cara yang bisa kamu lakukan yakni dengan mengoleskan madu sebanyak empat kali sehari pada bagian yang mengalami sariawan, lakukanlah hal ini dengan rutin sampai sariawan kamu hilang. Disarankan untuk memilih madu yang tidak mengalami proses pasteurisasi.

Cara Menghilangkan Sariawan tanpa Rasa Sakit

Dampak terlalu sering mengunyah es batu
Es batu menghilangkan nyeri sariawan

Penanganan terhadap sariawan bisa kamu lakukan secara mandiri tanpa harus pergi ke dokter. Ada beberapa cara menghilangkan sariawan tanpa rasa sakit yang bisa kamu coba di rumah. Berikut adalah penjelasannya.

Mengemut es batu

Sariawan seringkali merepotkan kita saat makan dan minum. Namun ada satu cara menghilangkan sariawan tanpa rasa sakit, yaitu dengan mengemut es batu. Agar proses makan dan minummu tidak terganggu, maka kamu bisa mengemut es batu pada daerah sekitar sariawan. Cara tersebut akan menghilangkan rasa nyeri pada sariawan dan bagian di sekitarnya, sehingga kamu bisa bebas makan tanpa takut merasakan sakit.

Menggunakan obat oles

Menggunakan obat oles bisa menjadi salah satu cara menghilangkan sariawan tanpa rasa sakit. Obat oles mengandung bahan aktif seperti kortikosteroid, benzocaine, atau fluocinonide yang dapat mengurangi rasa sakit akibat sariawan serta mempercepat proses penyembuhannya.

Mengoleskan minyak kelapa

Masih ada alternatif lain yang bisa kamu gunakan, yakni mengoleskan minyak kelapa sebagai cara menghilangkan sariawan tanpa rasa sakit. Minyak kelapa dipercaya dapat menyembuhkan sariawan, mencegah penyebaran sariawan akibat infeksi bakteri, bahkan membantu mengurangi kemerahan dan nyeri akibat sariawan.

 

Demikianlah beberapa cara menghilangkan sariawan di lidah dengan cepat dan tanpa rasa sakit. Selamat mencoba!

Lanjutkan Membaca ↓