Fungsi dan Cara Menggunakan Terasi dalam Berbagai Masakan

Febi Anindya Kirana03 Nov 2019, 10:15 WIB
terasi

Fimela.com, Jakarta Terasi merupakan salah satu bumbu masakan yang sangat umum digunakan dalam berbagai kuliner nusantara. Bumbu masakan yang terbuat dari udang atau ikan ini memiliki rasa dan aroma yang sedap dan menggugah selera. Karena karakter terasi inilah bumbu masakan ini berfungsi sebagai penyedap makanan alami. Seperti ini penggunaan terasi dalam berbagai masakan.

1. Dipanaskan dulu sebelum dimasukkan ke dalam masakan

Ada beberapa cara yang harus dilakukan sebelum terasi dimasukkan ke dalam masakan, yaitu dimasak lebih dulu. Terasi biasanya dijual dalam keadaan mentah, jadi harus digoreng, dibakar atau dikukus lebih dulu sebelum dicampurkan ke masakan seperti sambal, tumisan ataupun sup.

Cara ini akan membuat aroma terasi menguar lebih maksimal dan sedap, selain juga membunuh bakteri di dalam terasi.

2. Dihaluskan dengan bumbu lainnya

Terasi
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Jika dicampur dengan bumbu lainnya, terasi bisa dihaluskan bersama dengan bumbu lainnya seperti bawang dan cabai. Jika bumbu digoreng lebih dulu hingga matang sebelum dituang ke dalam kuah masakan, tidak masalah jika dihaluskan dalam keadaan mentah. Jika langsung dimasukkan ke dalam masakan, lebih baik digoreng atau dibakar lebih dulu.

3. Pengganti MSG untuk olahan seafood

Karena terbuat dari udang dan ikan-ikan kecil, terasi paling ampuh mengganti penyedap rasa untuk segala olahan seafood. Meski terasi juga bisa menjadi tambahan bumbu untuk olahan sayur lodeh dan lainnya dengan bahan santan.

Itu dia cara menggunakan terasi dalam masakan. Jadi, jangan pikir terasi hanya bisa digunakan untuk membuat sambal saja, terasi bisa dijadikan bumbu berbagai masakan.

Fimela ingin mengajakmu untuk lebih inspiratif dan positif dengan mengikuti berbagai kelas inspiratif di Fimela Fest 2019. Yuk! daftarkan dirimu, di sini.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓