Mengurangi Waktu Makan Bisa Memotivasi Tubuh untuk Olahraga, Menurut Studi

Febi Anindya Kirana29 Okt 2019, 10:15 WIB
makan sehat

Fimela.com, Jakarta Orang yang diet pasti akan membuat dirinya lebih sedikit makan atau mengalami kontak dengan makanan sehingga bisa menurunkan berat badan lebih cepat. Namun tahukah bahwa ternyata mengurangi waktu makan atau akses terhadap makanan ternyata bisa membuat tubuh ingin olahraga?

Fakta unik mengenai mengurangi makan dan keinginan olahraga ini mungkin sulit dipercaya. Bagaimana bisa mengutangi makan justru bisa memicu orang untuk lebih giat olahraga?

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Endocrinology menemukan bahwa mengurangi waktu makan bisa meningkatkan kadar hormon ghrelin (hormon nafsu makan), yang ternyata bisa meningkatkan motivasi untuk olahraga.

Mengurangi Waktu Makan = Memotivasi Olahraga

olahraga
ilustrasi perempuan olahraga/Photo by bruce mars from Pexels

Dalam penelitian ini, penelitian terhadap tikus membuktikan bahwa jangka waktu tertentu di mana tikus dibuat berpuasa atau mengurangi waktu makan membuatnya berpikir untuk melakukan aktivitas fisik lebih banyak. Hal ini juga berlaku untuk manusia.

Rasa lapar tersebut mampu dialihkan dengan cara berolahraga. Mengurangi waktu makan juga mampu melatih diri terbiasa untuk makan lebih sedikit. Jadi, jika ingin menurunkan berat badan, sepertinya cara mengurangi waktu makan ini bisa dicoba ya Sahabat Fimela karena bukan hanya membuatmu lebih seidkit makan tapi juga memicu diri untuk giat olahraga.

Fimela ingin mengajakmu untuk lebih inspiratif dan positif dengan mengikuti berbagai kelas inspiratif di Fimela Fest 2019. Yuk! daftarkan dirimu, di sini.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓