Cara Berhenti Merokok Secara Alami dengan Mudah dan Cepat

Fimela Editor29 Okt 2019, 14:51 WIB
Cara Menghindari Rokok

Fimela.com, Jakarta Menurut data dari Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia atau IAKMI, Indonesia menempati peringkat tertinggi di Asia Tenggara sebagai negara dengan perokok aktif terbanyak. Setengah dari warga Indonesia tepatnya 51,1% terdata sebagai perokok aktif. Walaupun sudah tertera dampak buruk merokok pada bungkus rokok, masih banyak orang yang dengan senang hati menjalankan aktivitas tersebut.

"Kecanduan" merupakan salah satu alasan bagi banyak orang terkait tentang rokok, kebiasaan untuk merokok saat berfikir, nongkrong, bahkan setelah makan sudah menjadi kebutuhan bagi orang-orang tersebut. Namun, banyak pula orang yang menginginkan untuk lepas dari benda kecil itu, jangan khawatir ya! disini akan dijelaskan beberapa tipsnya.

Cara Berhenti Merokok Secara Alami

Berhenti Merokok
Ilustrasi Foto Stop atau Berhenti Merokok (iStockphoto)

Cara berhenti merokok secara alami ini bisa digunakan untuk kamu yang tidak mau menggunakan bahan - bahan kimia dalam proses untuk berhenti merokok. Cara ini tentunya terbaik, karena mudah, murah dan tidak memakan waktu serta biaya.

Tumbuhkan keyakinan diri untuk berhenti merokok

Hal paling penting yang ada pada cara berhenti merokok adalah niat yang kuat dari dalam diri. Jika hati sudah yakin dan niat sudah kuat, pasti usaha untuk berhenti merokok tidak akan goyah.

Kurangi kumpul dengan teman yang merokok

Pada proses untuk berhenti merokok, tentunya untuk sementara kamu harus mengurangi bertemu dengan teman-teman yang mayoritas perokok. Karena, keinginan untuk merokok akan muncul lagi dan mengganggu step-step cara berhenti merokok yang kamu lakukan.

Olahraga rutin

Olahraga rutin menjadikan tubuh terasa bugar dan sehat, karena pada tahap awal berhenti merokok, pastinya ada perubahan drastis yag dirasakan oleh badan.

Berhenti secara bertahap

Jika kamu tidak bisa membendung keinginan untuk berhenti merokok, kamu bisa melakukannya secara bertahap. Yaitu dengan mengurangi jumlah rokok yang kamu hisap perhari.

Cari hobi baru yang kamu sukai

Melakukan kegiatan yang disukai bisa mengalihkan pikiran dari rokok, untuk itu hal ini cukup ampuh sebagai salah satu cara berhenti merokok

Cara Cepat Berhenti Merokok

Cara Cepat Berhenti Merokok
Cara Cepat Berhenti Merokok

Merokok sudah menjadi kebiasaan bagi beberapa orang yang tak bisa dihindari. Namun keinginan untuk berhenti merokok pasti pernah terlintas dibenak beberapa perokok. Membayangkan hidup tanpa rokok, mulut masam, dan lain-lain membuat beberapa orang mengurungkan niat untuk berhenti merokok. Ada beberapa cara berhenti merokok secara cepat

Kunyah permen karet sebaga pengganti hisapan rokok

Mengunyah permen karet bisa digunakan sebagai cara berhenti merokok secara mudah. Karena rasa manis dan mint yang ada di permen karet bisa menjadi pengganti hisapan rokok.

Makan perment mint dengan kadar yang tinggi

Beberapa permen mint memiliki kadar rendah sehingga rasa mintnya kurang terasa, untuk kamu yang ingin cepat berhenti merokok bisa menggunakan permen mint dengan kadar tinggi agar rasa mint yang ada bisa menjalar ke seluruh rongga mulut dan rasa ingin merokok bisa teratasi.

Gunakan produk pengganti nikotin

Jika dirasa sangat susah, kamu bisa menggunakan beberapa produk pengganti nikotin sebagai cara berhenti merokok. Produk ini memang sengaja dibuat untuk pengganti rokok. Namun, kamu tidak bisa sembarangan mendapatkan produk ini, harus sesuai saran dan pengawasan dokter atau psikiater dalam penggunaannya. Produk-produk ini biasa disebut Nicotine Replacement Therapy atau NRT , yaitu permen karet nikotin, tablet hisap, inhaler pengganti nikotin dan masih banyak lagi.

Cara Berhenti Merokok Total

Bungkus Rokok atau Kemasan Rokok
Ilustrasi Foto Kemasan Rokok (iStockphoto)

Seringnya usaha untuk berhenti merokok ini hanya terjadi selama sesaat dan tidak permanen. Kamu bisa melakukan beberapa hal ini sebagai cara berhenti merokok secara total

Kurangi asupan kafein

Asupan kafein seperti yang ada pada kopi merupakan pasangan yang pas jika digandengkan dengan rokok. Karena, kafein akan bekerja dua kali lebih keras jika nikotin berkurang. Efek nikotin yang keras ini bisa memancing kamu untuk merokok lagi.

Mencari bantuan profesional

Bantuan profesional disini bisa diartikan sebagai psikiater ataupun dokter. Karena kecanduan rokok ini termasuk dalam kecanduan fisik dan juga psikologis. Untuk itu ekspertis seperti ini bisa kamu datangi sebagai cara berhenti merokok

Ingat kembali alasan berhenti merokok

Saat sudah lama melakukan cara berhenti merokok, ada kalanya rasa suntuk dan ingin merokok kembali itu datang. Hal ini bisa diatasi dengan mengingat kembali alasan untuk berhenti merokok.

Catat hal positif yang terjadi setelah berhenti merokok

Hal ini dapat dilakukan sebagai motivasi diri dalam usaha untuk berhenti merokok. Hal positif itu bisa seperti tidur lebih nyenyak, bangun tidur menjadi lebih segar, tidak bau mulut dan lain - lain.

Cara Mudah Berhenti Merokok

Bungkus Rokok atau Kemasan Rokok
Ilustrasi Foto Kemasan Rokok (iStockphoto)

Jika cara-cara diatas masih terhitung susah, beberapa cara ini bisa kamu gunakan untuk berhenti merokok

Menyeruput air dingin menggunakan sedotan

Cara ini cukup unik, ketika kamu ingin merokok cobalah untuk menyeruput air dingin menggunakan sedotan. Karena hal ini bisa dijadikan cara untuk mengganti keinginan merokok.

Rutin sikat gigi

Ciri khas orang merokok adalah mulut yang bau rokok, jika kamu rajin menyikat gigi, bau rokok yang ada dalam mulut terganti dengan segarnya bau pasta gigi. Nafas yang segar akan membuatmu malas untuk mengotorinya dengan bau rokok lagi.

Masukkan sesuatu pada mulut

Ketika sudah terbiasa merokok kemudian ingin berhenti, maka akan terasa aneh jika tidak ada sesuatu di mulut. Untuk itu, kamu bisa mengganti rokok dengan makan permen atau camilan yang membuat mulut terisi.

Nah, itu tadi berbagai macam cara berhenti merokok. Ada yang sudah kamu coba? Jika belum dan ingin untuk berhenti merokok, cobalah cara - cara di atas dan jangan mudah menyerah ya!

(Jossi Andriani/diambil dari berbagai sumber)

Lanjutkan Membaca ↓