Cara Menghilangkan Stres Pikiran yang Berat karena Masalah Keluarga menurut Islam

Fimela Editor29 Okt 2019, 15:05 WIB
stres

Fimela.com, Jakarta Stres merupakan reaksi tubuh yang muncul saat seseorang menghadapi tekanan, ancaman, atau suatu perubahan yang tiba-tiba. Stres juga dapat terjadi karena situasi yang membuat seseorang merasa putus asa, gugup, marah, atau bersemangat.

Respon tubuh terhadap stres dapat berupa napas dan detak jantung menjadi cepat, otot menjadi kaku dan tekanan darah meningkat. Stres seringkali dipicu oleh tekanan batin, seperti masalah dalam keluarga, hubungan sosial, atau masalah keuangan. Jika kamu merasa mengalami stres, sebaiknya segera mengatasi stres itu agar tidak semakin parah. Berikut akan kami rekomendasikan cara menghilangkan stres pikiran karena masalah keluarga.

Cara Menghilangkan Stres Pikiran

makan sehat
ilustrasi makan makanan sehat/Photo By chomplearn on Shutterstock

Ada berbagai situasi dan peristiwa yang seringkali menimpa seseorang dan memicu timbulnya stres. Stres memang tidak bisa dihindari, namun bisa dihilangkan. Berikut cara menghilangkan stres pikiran.

Makan Makanan Sehat

Cara menghilangkan stres pikiran yakni dengan mengonsumsi makanan sehat. Makanan yang mengandung kadar alkali antara lain lemon, kacang, bawang, nanas, biji labu, raspberry, ubi jalar, jus sayuran, dan semangka terbukti ampuh sebagai cara menghilangkan stres pikiran.

Bangun Pagi Lebih Awal

Studi mengatakan semakin banyak tidur, kamu akan lebih sedikit rentan pada stres. Cara menghilangkan stres pikiran selanjutnya adalah dengan bangun 15 atau 20 menit lebih awal setiap pagi. Dengan tambahan waktu sebelum memulai aktivitas lainnya, kamu tidak akan merasa terburu-buru atau mudah letih di pagi hari. Hal ini memungkinkan kamu dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik.

Berjalan-jalan di Luar

Cara menghilangkan stres pikiran selanjutnya adalah dengan berjalan-jalan di luar rumah. Aktivitas berjalan-jalan akan meningkatkan endorfin dalam tubuh. Endorfin akan meredakan depresi ringan dan meningkatkan suasana hati, sebagaimana halnya dengan meditasi. Hal ini bagus sebagai cara menghilangkan stres pikiran.

Cara Menghilangkan Stres menurut Islam

[Bintang] Jadwal Sholat, Imsakiyah dan Buka Puasa Hari ke-2, 18 Mei 2018
Shalat dan berdzikir untuk mengatasi stres. (Ilustrasi: AboutIslam.net)

Ada kalanya sebagai manusia kita ditimpa masalah, bahkan masalah berat yang memungkinkan kita begitu tertekan sampai mengalami stres.Sebagai manusia yang berakal, kita tidak boleh terpuruk dalam keputus-asaan. Untuk itu, kami akan memberikan tips bagaimana cara menghilangkan stres menurut Islam yang dapat kamu coba.

Melakukan Shalat

Shalat merupakan cara menghilangkan stres menurut Islam. Sebaiknya, kamu menjaga shalat wajib lima waktu serta menjalankan shalat sunnah yang telah dianjurkan, supaya hatimu menjadi lebih tenang dan dapat mengatasi stres yang kamu rasakan.

Berdzikir

Selain melaksanakan shalat, cara menghilangkan stres menurut Islam yakni dengan melakukan dzikir. Dzikir artinya mengingat Allah, dengan berdzikir yang diniatkan untuk Allah maka akan mendatangkan ketentraman hati.

Cara Menghilangkan Stres Berat

Meditasi, Cara Sehat agar Remaja Bebas Stres (VGStockstudio/Shutterstock)
Meditasi, Cara Sehat agar Bebas Stres (VGStockstudio/Shutterstock)

Stres adalah hal yang bisa saja dialami semua orang dan bisa terjadi di berbagai macam lingkungan. Tiap-tiap lingkungan akan memberikan berbagai tekanan yang berbeda dan menimbulkan kemungkinan terjadinya stres. Stres yang tidak segera diatasi akan semakin menumpuk dan kelamaan menjadi semakin berat. Berikut adalah cara menghilangkan stres berat bagi kamu yang mungkin sedang mengalaminya.

Melakukan meditasi

Meditasi merupakan teknik rileksasi dengan cara memfokuskan pikiran, berlatih mengatur pola napas, merilekskan tubuh dan membersihkan diri dari hal-hal yang mungkin menyebabkan stres. Lakukanlah meditasi di tempat yang tenang dan udara luar yang segar. Stres secara tidak langsung akan membuat tubuh menjadi tegang, dengan meditasi maka tubuh akan menjadi lebih santai dan stres akan berkurang.

Mendengarkan musik

Cara menghilangkan stres berat yang mungkin sedang kamu alami bisa dicoba dengan mendengarkan musik. Musik bisa menjadi salah satu terapi stres yang bisa digunakan. Alunan musik yang sesuai akan membantu menstimulasi pikiran kamu untuk menjadi lebih rileks.

Bercerita pada orang terdekat

Bercerita pada orang terdekat bisa menjadi salah satu cara menghilangkan stres berat. Dengan berbagi apa yang sedang kamu alami, kamu bisa saja menerima dukungan maupun solusi dari apa yang kamu rasakan. Sehingga dengan demikian, stres yang kamu alami bisa sedikit berkurang.

Bersenang-senang dengan teman dekat

Salah satu cara menghilangkan stres pikiran yang berat adalah dengan memanfaatkan waktu untuk bersenang-senang dengan teman dekat. Luangkan waktu untuk berkumpul dengan teman dekat, menggunakan waktu untuk bercengkrama, jalan-jalan di mall, karaoke, berbelanja, nonton film, atau bahkan aktivitas seru lainnya, untuk mengurangi stres yang mungkin kamu rasakan.

Cara Menghilangkan Stres karena Masalah Keluarga

Ilustrasi stres
Ilustrasi Stres (Unsplash.com/Nick Karvounis)

Stres disebut juga sebagai gangguan mental yang terjadi pada seseorang karena mendapat tekanan baik dari dirinya sendiri maupun dari orang lain. Keluarga dan masalah yang terjadi di dalamnya kadang menjadi beban pikiran bagi seseorang, untuk itu berikut kami rekomendasikan cara menghilangkan stres pikiran karena masalah keluarga.

Mendekatkan diri kepada Tuhan

Ketika stres itu berhubungan dengan masalah keluarga, akan sulit bagi kamu untuk langsung berbicara dengan keluargamu. Salah satu cara menghilangkan stres pikiran karena masalah keluarga adalah dengan mendekatkan diri kepada Tuhan. Sampaikanlah keluh kesahmu dan meminta petunjuk kepada Tuhan, maka stres itu perlahan akan menghilang dan berubah menjadi ketenangan.

Menghabiskan waktu dengan keluarga

Bagi sebagian orang yang terbuka, ketika ada masalah keluarga pasti akan terbuka pula untuk membicarakannya. Jika kamu termasuk orang-orang tersebut, maka sebaiknya kamu melupakan sejenak permasalahan yang sedang menimpa kamu. Berkumpul dengan keluarga dan menghabiskan waktu dengan bercengkrama setidaknya bisa menjadi cara menghilangkan stres pikiran karena masalah keluarga.

Menyalurkan hobi

Cara menghilangkan stres pikiran karena masalah keluarga bisa dilakukan dengan menyalurkan hobi. Saat stres melanda, kamu bisa melakukan hobimu sebagai pengalihan dari stres yang kamu alami. Ketika melakukan hobi, pikiranmu akan teralihkan dan bisa lebih santai.

Pergi liburan

Pergi liburan bisa menjadi salah satu cara menghilangkan stres pikiran karena masalah keluarga. Untuk sejenak, lupakan masalah yang membuatmu stres dengan pergi menjauh beberapa saat dari sumber masalah. Liburan ke tempat yang seru, akan membuat beban berat yang mengganggu pikiran bisa teralihkan.

 

Dari beberapa cara menghilangkan stres, manakah yang akan kamu coba?

 

(Olivia Lidya Elsanty/diambil dari berbagai sumber)

Lanjutkan Membaca ↓