Cara Diet yang Baik dan Benar untuk Mengecilkan Perut dengan Cepat secara Sehat

Fimela Editor29 Okt 2019, 16:15 WIB
Ilustrasi diet

Fimela.com, Jakarta Diet merupakan kegiatan mengkonsumsi makanan yang diatur untuk mencapai berat badan yang terkontrol. Banyak orang yang melakukan diet untuk menguruskan badan atau bahkan menjaga berat badan.

Tapi, seringkali kita lihat banyak orang yang salah kaprah dalam melaksanakan diet. Sampai jatuh sakit bahkan sampai terkena infeksi lambung ataupun pencernaan. Kamu bisa coba cara diet yang baik dan benar di bawah ini untuk melakukan diet yang baik.

Cara Diet yang Baik dan Benar

3 Jus Buah Pengganti Sarapan Si Pelaku Diet
Bagi pelaku diet, kamu harus coba 3 macam jus buah ini sebagai pengganti sarapan di pagi hari. (via: Galih W. Satria/Bintang.com)

Cara diet yang baik dan benar tentunya bisa kamu lakukan agar berat badanmu terkontrol. Jangan sampai ingin mengontrol berat badan malah jadi sakit.

Ganti sarapan dengan sayur dan buah

Sarapan menggunakan sayur dan buah merupakan sarapan sehat bagi tubuh. Selain itu serat yang terkandung juga dapat memperlancar BAB sehingga mempermudah cara diet yang baik untuk kamu.

Minum air sebanyak 2 liter sehari

Air dapat meluruhkan lemak-lemak yang ada pada tubuh. Konsumsi air yang banyak dalam sehari mampu membuat berat badan turun lebih cepat.

Konsumsi makanan yang dikukus atau direbus

Makanan yang dikukus atau direbus dapat digunakan sebagai cara diet yang baik dan benar. Karena tidak mengandung minyak dan lemak di dalamnya.

Cara Diet yang Baik untuk Mengecilkan Perut

Ilustrasi diet
Ilustrasi diet. Sumber foto: unsplash.com/rawpixel.

Mengecilkan perut selain dengan olah raga, tentunya juga bisa dilakukan dengan diet. Simak beberapa cara diet yang baik untuk mengecilkan perut ini ya!

Sarapan smoothies

Smoothies menjadi pilihan sarapan yang mudah dan tentunya sangat baik sebagai cara diet yang baik. Kamu bisa makan smoothies nanas, pisang, stroberi dan lain-lain untuk memulai harimu.

Makan dengan porsi kecil

Makan dengan porsi kecil menyebabkan makanan yang masuk ke perut tidak menumpuk sehngga perut jadi lebih langsing. Jika sekali makan langsung banyak, maka makanan akan menumpuk di perut dan susah kecil.

Kurangi produk susu

Susu dapat menyebabkan perut kembung akibat gas yang dimiliki. Untuk itu kurangi konsumsi susu sebagai cara diet yang baik untuk mengecilkan perut.

Cara Diet yang Baik dan Cepat Langsing

Tubuh Ideal
Berikut pola makan ideal yang bisa Anda ubah dan lakukan untuk memiliki tubuh yang langsing. (Foto: iStockphoto)

Gak sabar ingin punya tubuh yang sehat dan langsing? kamu bisa ikuti cara berikut untuk mendapati tubuh yang langsing dengan diet.

Aktif bergerak

Usahakan aktif bergerak, karena bergerak dapat mempercepat proses diet untuk tubuh langsing kamu. Buat komitmen untuk aktif bergerak seperti melakukan kardio dan lain-lain.

Kurangi konsumsi gula

Mengurangi konsumsi gula dapat membantu menurunkan kalori yang ada pada tubuh. Langkah awal, kurangi minum minuman manis dan ganti dengan air mineral

Camilan tinggi protein dan kaya serat

Ketika kamu ingin makan camilan, usahakan cari camilan yang mengandung protein tinggi serta kaya akan serat. Hal ini dilakukan agar tubuh tetap kenyang dan gizi terpenuhi walaupun makan degan sedikit.

Perbanyak makan kacang-kacangan

Kacang-kacang juga bisa membantu untuk mempercepat diet kamu. Karena zat yang terdapat dalam kacang mampu membuat perutmu tetap kencang.

Cara Diet yang Baik untuk Anak Sekolah

diet-remaja-130523b.jpg
diet remaja

Buat kamu yang masih sekolah, jangan khawatir. Kamu tetap bisa melakuakan cara diet yang baik ala anak sekolah.

Kurangi makanan cepat saji

Biasanya ketika masih sekolah, tentunya kamu gak mau ribet dan mencari makanan cepat saji. Krangi makanan cepat saji mulai sekarang sebagai cara diet yang baik untukmu.

Buat target

Buat target tujuan berat badan yang kamu inginkan. Hal ini dilakuakn agar kamu terpacu untuk tetap melakukan diet

Cari teman diet

Masa-masa sekolah tentunya masa yang sering dilakukan unutk kumpul bersama teman. Ketika kamu sedang diet carilah teman yang mau diet juga sebagai penyemangat.

Olahraga

Selain melakukan diet dengan mengatur makan, tentunya kabu juga butuh olahraga. Apalagi masa-masa remaja saat masih sekolah usahakan aktif berolahraga agar berat badan tetap terjaga. Caranya kamu bisa mengikuti ekstrakulikuler olahraga dan juga olah raga kecil di rumah.

Tidur 7 jam sehari

Tidur mampu memproduksi hormon leptin yang membuat kamu merasa kenyang. Hal ini tentunya sangan membantu proses dietmu di samping baik untuk kesehatan.

Cara diet yang baik dan sehat

Tetap Sehat Saat Menjalankan Diet CICO (Rosshelen.shutterstock)
Tetap Sehat Saat Menjalankan Diet (Rosshelen.shutterstock)

Melakukan diet tentunya jangan sembarang diet, kamu juga harus melakuakn diet yang seat agar berat badan benar-benar terkontrol.

Atur kalori

Mengatur kalori sangat baik untuk kelangsungan diet kamu. Caranya kamu hanay perlu mengitung kalori yang ada pada setiap makanan yang kamu makan.

Konsumsi makanan yang mengandung potassium

Makanan yang mengandung potassium baik untuk menangani perut yang kembung. Kamu bisa makan avokad, pisang, papaya, mangga dan lain-lain.

Banyak makan buah beri

Buah beri seperti blueberry, stroberi,acaiberi dan lain-lain sangat baik digunakan sebagai caradiet yang baik dan sehat. Buah ini mampu mengurangi lemak dan mencegah sel lemak tumbuh membesar.

 

Nah, banyak cara yang bisa dilakukan sebagai cara diet yang baik dan benar. Tentunya kamu harus memperhatikan pola makan dan juga istirahat yang cukup juga dapat membantu mempercepat proses dietmu.

Tapi jangan terlalu dipaksakan ya. Jika tubuh dirasa tidak kuat menjalani cara diet diatas, kamu bisa berhenti dulu untuk sementara. Karena kesehatan tentunya lebih penting dari apapun. Buat kamu yang sedang menjalankan diet ini harus semangat dan tentunya sabar ya!

 

(Jossi Andriani/diambil dari berbagai sumber)

Lanjutkan Membaca ↓