Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi dan Asam Urat secara Alami

Fimela Editor29 Okt 2019, 17:45 WIB
menjaga kolesterol

Fimela.com, Jakarta Kolesterol memang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel-sel tubuh yang sehat dan menghasilkan hormon. Sebagian besar kolesterol diproduksi di organ hati dan sebagian lainnya diperoleh dari makanan.

Kadar kolesterol sebaiknya dipertahankan dalam kadar yang normal, sebab kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam darah akan meningkatkan resiko terjadinya stroke dan penyakit jantung. Kebanyakan orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi dalam darahnya, memiliki gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup yang tidak sehat ditandai dengan sering mengonsumsi makanan berlemak jenuh, mengonsumsi minuman beralkohol, merokok dan jarang berolahraga. Berikut akan kami bagikan cara mengatasi kolesterol tinggi.

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi

Leher Tegang dan Sakit Kepala,Tanda Kolesterol Tinggi?
Leher Tegang dan Sakit Kepala,Tanda Kolesterol Tinggi?

Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah, dapat menyebabkan endapan lemak di dalam pembuluh darah. Endapan lemak tersebut akan menghambat aliran di pembuluh darah arteri. Hambatan inilah yang nantinya akan membuat organ-organ penting di dalam tubuh tidak mendapatkan asupan darah yang kaya akan oksigen. Yuk, simak cara mengatasi kolesterol tinggi.

Memangkas lemak jenuh dan lemak trans

Cara mengatasi kolesterol tinggi dapat dilakukan dengan memperbaiki gaya hidup yang tidak sehat, salah satunya dengan memangkas lemak jenuh dan lemak trans. Lemak jenuh terkandung pada jeroan, gorengan, makanan cepat saji, dan daging olahan. Sedangkan lemak trans biasa dijumpai pada margarin dan kue. Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans cukup ampuh menjadi cara mengatasi kolesterol tinggi yang mungkin sedang kamu alami.

Memperbanyak konsumsi serat

Mengonsumsi serat yang terkandung dalam biji-bijian, gandum utuh, dan buah-buahan dipercaya dapat menjadi salah satu cara mengatasi kolesterol tinggi. Serat dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat pula mencegah resiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah.

Olahraga

Olahraga secara teratur dapat membuat tubuh tetap bugar, namun dapat pula menjadi cara mengatasi kolesterol tinggi. Olahraga secara rutin dapat menghambat pembentukan kolesterol dalam tubuh dan juga membantu penurunan berat badan.

Cara Mengatasi Kolesterol secara Alami

Ilustrasi air Jeruk nipis. Foto: Istimewa
Ilustrasi air Jeruk nipis. Foto: Istimewa

Menjaga kadar kolesterol pada tingkat yang normal dapat meminimalisir resiko sakit jantung, stroke, dan gagal ginjal. Kolesterol yang memiliki kadar normal berfungsi membangun dinding sel agar tetap lentur dan juga berfungsi untuk membentuk beberapa hormon dalam tubuh. Untuk itu, kamu perlu tahu cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami agar tidak menimbulkan efek buruk bagi kesehatan.

Minum air jeruk nipis setiap pagi dan malam

Jeruk nipis mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan sendiri bertugas melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul yang dapat merusak sel-sel sehat. Yang perlu dilakukan yakni dengan meminum perasan air jeruk nipis yang dicampurkan dalam segelas air hangat, sebaiknya diminum saat pagi setelah bangun tidur dan malam sebelum tidur. Lakukan hal ini secara rutin sebagai cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami.

Mengonsumsi bekatul

Bekatul adalah sisa penggilingan padi di proses kedua. Manakala padi digiling, padi akan terpisah dari kulitnya. Kandungan tokotrienol dalam bekatul berfungsi menghambat kerja enzim yang bisa menimbun kolesterol di tubuh. Selain itu, bekatul juga menjadi sumber serat pangan yang baik untuk memperlancar pencernaan. Tak ada salahnya kan, mencoba bekatul sebagai cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami.

Mengonsumsi brokoli

Salah satu cara mengatasi kolesterol tinggi secara alami yakni dengan mengonsumsi brokoli. Brokoli merupakan sayuran yang mengandung serat tinggi, yang bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh kamu. Brokoli akan bekerja membantu proses detoksifikasi tubuh manusia secara alami. Untuk memperoleh manfaat maksimal, lebih baik brokoli dikonsumsi dengan cara direbus terlebih dahulu dan sebaiknya kamu menghindari brokoli yang diolah melalui proses penggorengan.

Cara Mengatasi Asam Urat dan Kolesterol Tinggi

Miliki Pola Makan yang Tepat
© Shutterstock

Bagi kamu yang memiliki kadar kolesterol tinggi dalam tubuhmu, sebaiknya rutin berolahraga dan menghindari makanan yang dapat memicu kenaikan kadar kolesterol. Kolesterol tinggi cenderung menjadi faktor berkembangnya penyakit asam urat. Berikut akan kami bagikan cara mengatasi asam urat dan kolesterol tinggi.

Menjaga pola makan

Cara mengatasi asam urat dan kolesterol tinggi adalah dengan menjaga pola makan. Penderita asam urat dan kolesterol tinggi sebaiknya menghindari mengonsumsi jeroan, makanan laut, daging. Ketiga jenis makanan tersebut mengandung purin, yakni kandungan senyawa kimia yang akan berubah menjadi asam urat jika dipecah.

Menghindari mengonsumsi minuman beralkohol

Menghindari mengonsumsi minuman beralkohol menjadi salah satu cara mengatasi asam urat dan kolesterol tinggi. Minuman beralkohol dapat meningkatkan produksi asam urat yang bisa menyebabkan serangan asam urat berulang. Tidak hanya itu, minuman beralkohol khususnya bir akan membuat tubuh kesulitan membuang asam urat dari dalam tubuh dan justru meningkatkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah.

Mengonsumsi obat asam urat alami

Mengonsumsi obat asam urat alami merupakan salah satu cara mengatasi asam urat dan kolesterol yang bisa kamu coba. Obat asam urat alami yang dimaksud ialah buah-buahan yang dapat dengan mudah kita temui, seperti buah ceri, pisang dan apel. Buah ceri mengandung berbagai antioksidan yang dapat mencegah produksi asam urat berlebih dalam tubuh, sedangkan pisang dan apel merupakan buah-buahan yang kandungan purinnya cukup rendah. Kandungan kalium dalam pisang akan mempermudah asam urat dikeluarkan dari dalam tubuh, sedangkan kandungan vitamin c dalam apel dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan asam urat tersebut bahkan mencegah penyakit asam urat.

 

Ternyata, ada banyak cara alami yang bisa kamu pakai untuk mengatasi kolesterol tinggi dan asam urat. Selamat mencoba, semoga kolesterol dan asam uratmu kembali normal ya..

 

(Olivia Lidya Elsanty/diambil dari berbagai sumber)

Lanjutkan Membaca ↓