Cara Menyembuhkan Sakit Tenggorokan saat Menelan dan Flu dengan Cepat

Fimela Editor03 Nov 2019, 06:15 WIB
Penyakit Kanker Tenggorokan - KlikDokter.com (Photographee.eu/Shutterstock)

Fimela.com, Jakarta Sakit tenggorokan menjadi salah satu hal yang bisa mengganggu kenyamanan tubuh. Sakit tenggorokan seringkali terjadi di sekeliling kita, bisa saja menimpa orang dewasa maupun anak-anak.

Sakit tenggorokan bisa terjadi karena berbagai sebab, dan penanganannya pun harus sesuai dengan penyebabnya. Sakit tenggorokan bisa terjadi karena terdapat infeksi di tenggorokan, bisa pula menjadi penanda awal sakit pilek atau flu yang akan menimpa kamu. Sakit tenggorokan bisa disembuhkan tanpa harus pergi ke dokter. Berikut adalah cara menyembuhkan sakit tenggorokan yang bisa kamu coba lakukan di rumah.

Cara Menyembuhkan Sakit Tenggorokan dan Flu

20150809-Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Untuk Redakan Radang Tenggorokan-Sup ayam
Sup ayam panas merupakan obat kuno untuk memerangi sakit tenggorokan. Semangkuk sup ayam panas dapat mengalahkan antibiotik. (AFP PHOTO/JOHANNES EISELE)

Seringkali sakit tenggorokan menjadi pertanda awal dari pilek dan flu yang bisa menimpa kamu. Akibat dari sakit tenggorokan itu bisa membuat pita suara menegang, atau bahkan menimbulkan infeksi yang berakhir dengan radang tenggorokan. Sakit tenggorokan memang benar-benar mengganggu, tetapi jangan dulu terburu-buru pergi ke dokter. Kami memiliki saran yang bisa kamu coba untuk menyembuhkan sakit tenggorokan yang kamu alami.

Mengonsumsi sup ayam

Saat merasakan sakit tenggorokan dan flu, sebaiknya kamu mencoba untuk mengonsumsi sup ayam. Sup ayam yang hangat bisa kamu konsumsi untuk tetap mencukupi kebutuhan gizi tubuhmu. Konsumsilah selagi hangat, karena sup ayam dapat melegakan tenggorokan, membantu mengencerkan lendir, dan membantu meredakan rasa sakit pada tenggorokan. Hal ini bisa kamu terapkan sebagai cara menyembuhkan sakit tenggorokan dan flu.

Minum air jahe

Jahe merupakan salah satu obat herbal yang dapat membunuh bakteri, selain itu jahe juga dapat menyapu lendir yang ada di tenggorokanmu. Untuk itu, tidak ada salahnya mencoba meminum jahe sebagai cara menyembuhkan sakit tenggorokan dan flu yang sedang kamu derita.

Mengonsumsi obat pereda nyeri

Salah satu pengobatan efektif yang bisa kamu terapkan menjadi cara menyembuhkan sakit tenggorokan dan flu adalah dengan minum obat pereda nyeri. Obat pereda nyeri sangat mudah kamu temukan, seperti aspirin, parasetamol dan ibuprofen. Ketiganya tidak hanya menyembuhkan sakit tenggorokan yang kamu alami, namun juga menyembuhkan flu yang menyertainya.

Konsumsi permen pelega tenggorokan

Tidak sulit untuk menjumpai permen pelega tenggorokan yang dijual bebas di pasaran. Jika memang sedang berada diluar rumah dan kebetulan kamu merasakan sakit tenggorokan, tidak ada salahnya untuk mencoba produk ini. Carilah permen pelega tenggorokan yang mengandung ekstrak menthol, peppermint, atau eucalyptus yang bisa menenangkan dan memberi efek sejuk pada tenggorokan. Ketiga jenis bahan ini mengandung senyawa anti-peradangan, antibakteri, dan antivirus yang dapat membantu proses penyembuhan sakit tenggorokan.

Cara Menyembuhkan Sakit Tenggorokan saat Menelan

air mineral
ilustrasi minum air mineral/Photo by Little Pig Studio from Shutterstock

Setiap orang pasti pernah merasakan rasa sakit saat menelan. Ada beberapa hal yang mempengaruhi rasa sakit saat menelan. Namun, seringkali rasa sakit itu ditimbulkan karena adanya radang atau infeksi pada tenggorokan. Berikut akan kami bagikan cara menyembuhkan sakit tenggorokan saat menelan.

Perbanyak minum air mineral

Salah satu cara menyembuhkan sakit tenggorokan saat menelan yaitu dengan memperbanyak minum air mineral. Air mineral yang kamu minum dapat melembabkan tenggorokan, menghidrasi tubuh, mencegah iritasi dan menenangkan tenggorokan yang sedang meradang. Sebaiknya kamu minum air mineral 8 gelas sehari untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Konsumsi minuman hangat

Minuman hangat dipercaya dapat membantu meringankan rasa sakit saat menelan. Ada beberapa pilihan minuman hangat yang bisa kamu coba sebagai cara menyembuhkan sakit tenggorokan saat menelan, yaitu teh hangat yang dicampur lemon dan madu, teh bunga chamomile, dan juga teh herbal yang dicampur dengan jahe atau akar manis.

Memberi kompres hangat di leher

Saat kamu merasakan rasa sakit ketika menelan, kamu bisa mengompres tenggorokanmu sebagai salah satu cara menyembuhkan sakit tenggorokan saat menelan. Caranya cukup mudah yakni dengan mencelupkan kain dalam air hangat, setelah diperas tempelkan kain pada tenggorokanmu. Ada cara lain yang bisa kamu gunakan, yaitu dengan memakai obat gosok yang pada lehermu dan mengirup aromanya yang dapat menenangkan.

Cara Menyembuhkan Sakit Tenggorokan dengan Cepat

Nyeri pada Mulut? Kumur Air Garam Saja! (Alexeysun/Shutterstock)
Sakit tenggorokan? Kumur Air Garam Saja! (Alexeysun/Shutterstock)

Sakit tenggorokan bisa menimpa anak-anak maupun orang dewasa. Sakit tenggorokan yang masih belum dalam tahap parah bisa disembuhkan dengan bahan alami dan waktu yang relatif singkat. Berikut akan kami rekomendasikan cara menyembuhkan sakit tenggorokan dengan cepat bagi kamu.

Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam bisa menjadi cara menyembuhkan sakit tenggorokan dengan cepat. Pakailah garam yang dilarutkan dengan air hangat untuk berkumur, karena ramuan ini akan membantu membunuh bakteri yang menyebabkan rasa sakit di tenggorokanmu.

Minum teh lemon madu

Selain berkumur dengan air garam, meminum teh lemon madu bisa pula kamu terapkan untuk menjadi cara menyembuhkan sakit tenggorokan dengan cepat. Seduhlah lemon dengan madu bersama air hangat dan minumlah agar dapat membantu menyamankan tenggorokan. Lemon berfungsi memecah lendir, sementara madu membantu meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan bakteri dan virus, ditambah dengan air hangat yang akan melemaskan otot tenggorokanmu.

Minum susu kunyit

Ada obat tradisional yang bisa kamu terapkan menjadi cara menyembuhkan sakit tenggorokan dengan cepat, yaitu dengan meminum susu hangat yang ditambah dengan sejumput kunyit bubuk. Kunyit memiliki kandungan anti-bakteri dan anti-inflamasi, sehingga kombinasi ini dapat berfungsi untuk melawan infeksi dan penyakit yang timbul karena kekebalan tubuh yang lemah.

Demikianlah beberapa cara menyembuhkan sakit tenggorokan yang bisa kamu coba di rumah. Semoga berhasil!

 

(Olivia Lidya Elsanty/dikutip dari berbagai sumber)

Lanjutkan Membaca ↓