Tips dan Cara Membuat Saus Pesto untuk Pasta

Febi Anindya Kirana03 Nov 2019, 14:15 WIB
saus pesto

Fimela.com, Jakarta Pasta yang sering dikenal orang biasanya menggunakan saus bolognese atau carbonara. Tak banyak yang tahu bahwa sebenarnya banyak sekali saus pasta yang bisa dicoba dan mudah dibuat, salah satunya adalah saus pesto.

Saus pesto berasal dari Genoa, ibukota Liguria, Italia berasal dari kaya pesta (Italia: pestare) yang berarti ditumbuk atau dihaluskan. Jadi bahan-bahan saus dihaluskan lebih dulu sebelum disajikan. Berbeda dengan saus pada umumnya yang dimasak di atas panci atau penggorengan.

Dari tampilannya, saus pesto adalah yang paling berbeda dari saus pasta lainnya, karena berwarna hijau. Ini karena salah satu bahan utamanya adalah daun basil. Dengan campuran kacang pinus, keju dan bawang putih, kesedapan saus pesto cocok untuk mereka yang ingin mencoba pasta dengan saus yang unik. Ini cara membuatnya.

Bahan:

Resep Pasta Saus Pesto
ilustrasi Resep Pasta Saus Pesto/Photo by Lgh_9 from Pexels
  • 3 siung bawang putih
  • 50 gr daun basil
  • 50 gr kacang pinus
  • 50 gr keju parmesan
  • 1 sdt garam
  • olive oil secukupnya

Cara membuat:

  1. Haluskan lebih dulu bawang putih dan kacang pinus.
  2. Kemudian masukkan daun basil dan garam, haluskan lagi hingga tercampur rata.
  3. Masukkan keju parmesan yang sudah diparut lebih dulu, aduk rata. Agar tidak terlalu padat dan memudahkan saus tercampur, tuang olive oil secukupnya.
  4. Saus siap sajikan dengan pasta.

Tips:

  1. Untuk menghalsukan saus pesto, bisa menggunakan cobek dan ulekan, blender atau food processor.
  2. Saus tak perlu dimasak lebih dulu dengan ditumis atau semacamnya. Bisa langsung disajikan dengan pasta dan diaduk di atas piring. Kalaupun ingin mencampurnya, tumis pasta dengan olive oil dan campurkan saus selagi pasta masih panas di atas api kecil sebentar.

Saus pesto bisa disimpan di kulkas dalam beberapa hari dalam wadah tertutup atau langsung disajikan dengan cara dituang di atas pasta yang disuka.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓