Berkebun Bermanfaat Menurunkan Risiko Stres Hingga Depresi

Mimi Rohmitriasih30 Okt 2019, 16:15 WIB
Berkebun

Fimela.com, Jakarta Stres dan depresi menjadi salah satu masalah psikis yang kerap dialami oleh hampir semua orang. Pekerjaan yang menumpuk, masalah asmara, masalah kesehatan dan masalah keluarga seringkali membuat seseorang merasa stres. Jika stres ini tidak segera ditangani dengan baik, tentunya ini akan sangat berbahaya buat kesehatan fisik dan psikis seseorang.

Mengenai risiko stres dan depresi, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan risikonya. Salah satu caranya adalah dengan berkebun. Melansir dari laman prevention.com, aktivitas berkebun bisa mencegah bahkan menurunkan risiko stres.

Alasan Berkebun Menurunkan Risiko Stres

kepribadian
ilustrasi perempuan di kebun teh/Photo by kudung setiawan on Unsplash

Para ahli mengemukan jika aktivitas berkebun mengajarkan seseorang untuk lebih mengenal dan memahami kehidupan. Berkebun memberikan manfaat dalam mengendalikan stres dan depresi dalam hidup seseorang. Berkebun atau menanam tanaman disadari atau tidak mampu menghapus tekanan dalam hidup secara perlahan.

Lingkungan yang hijau dan segar bisa menenangkan pikiran seseorang. Adanya lingkungan yang sehat juga mampu memberikan asupan oksigen yang baik ke tubuh serta otak sehingga tubuh jadi makin sehat serta bahagia.

Seorang ahli kebun yang menginisiasi Joe Gardener yakni Joe Lamp’l mengungkapkan jika melalui aktivitas berkebun seseorang bisa memahami cara belajar dan tumbuh dari lika-liku kehidupan. Dari berkebun, seseorang bisa belajar banyak hal termasuk kegagalan. Dari kegagalan itu, seseorang akan memperbaiki segalanya hingga ia tak gagal lagi. Hal inilah yang kemudian mendukung seseorang untuk tidak terlalu stres dan depresi dengan kegagalan-kegagalan dalam hidupnya termasuk kegagalan saat ia berkebun.

Ketika berkebun, ada kebahagiaan tersendiri yang dirasakan seseorang. Kebahagiaan inilah yang menuntunnya untuk terhindar dari stres dan depresi. Jadi Sahabat Fimela, jika ingin terbebas dari stres atau depresi, mulai sibukkan diri dengan berkebun atau melakukan aktivitas positif lainnya.

***

Sudah siap untuk hadir di acara FIMELA FEST 2019? Pilih kelas inspiratifnya di sini.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓