Bahaya, Kegemukan Sebelum Usia 40 Tingkatkan Risiko Kanker!

Febi Anindya Kirana31 Okt 2019, 10:20 WIB
timbangan berat badan

Fimela.com, Jakarta Kegemukan adalah awal penyebab dari banyak penyakit serius yang menyerang tubuh. Ada yang bilang, tak masalah gemuk saat muda karena tubuh masih sehat, kalau gemuk saat tua justru gampang mengundang penyakit. Tapi sepertinya anggapan ini harus diluruskan, karena penelitian menemukan bahwa kegemukan sebelum usia 40 tahun justru bisa meningkatkan risiko kanker.

Penelitian yang dilakukan di University of Bergen Norwegia ini menyebutkan bahwa risiko kanker meningkat ketika tubuh mengalami kenaikan berat badan sebelum usia 40 tahun.

Peneliti mencoba menganalisis 220 ribu orang dengan BMI di atas 30 dan menemukan bahwa ada beberapa risiko kanker berbeda ketika berat badan di atas ideal sebelum usia 40 tahun:

Risiko Kanker Naik Jika Obesitas

wanita gemuk
Ilustrasi mensyukuri bentuk tubuh./Copyright shutterstock.com/g/navee+sangvitoon
  • peningkatan 70 persen untuk kanker endometrium
  • peningkatan 58 persen untuk kanker sel ginjal pada pria
  • peningkatan 29 persen untuk kanker usus besar pada pria, dan
  • peningkatan 15 persen untuk semua kanker yang berhubungan dengan obesitas (kedua jenis kelamin).

Ketua penelitian, Professor Tone Bjørge sendiri mengatakan bahwa obesitas menjadi faktor risiko umum untuk banyak penyakit kanker, dan penelitian ini sekali lagi membuktikan apa yang telah banyak ditemukan penelitian lain terkait kegemukan dan risiko kanker.

Jadi, alangkah baiknya jika mulai menjaga berat badan ideal sejak muda sehingga tak perlu meningkatkan risiko kanker di usia 40an tahun ya, Sahabat Fimela.

Sudah siap untuk hadir di acara FIMELA FEST 2019? Pilih kelas inspiratifnya di sini.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓