Ketika Bertengkar, Pasangan Bahagia Fokus Hanya Pada Hal Ini

Febi Anindya Kirana31 Okt 2019, 14:45 WIB
pasangan cinta

Fimela.com, Jakarta Ada dua hal yang bisa dibedakan terkait pasangan yang menikah, yaitu mereka yang menjalani hubungan cinta bahagia dan mereka yang tidak. Cukup sederhana, namun perbedaan keduanya cukup besar, apalagi ketika bertengkar.

Banyak orang mungkin tak percaya bahwa ternyata pernikahan bahagia bisa memprediksi dari cara bertengkar. Para ahli tahu mana pasangan yang akan menjalani hubungan cinta langgeng dan tidak dari kebiasaan bertengkar.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Family Process menemukan bahwa ketika bertengkar, pasangan bahagia akan fokus pada bagaimana caranya menemukan solusi agar bisa segera menyelesaikan masalah. Sedangkan pasangan yang tak bahagia akan fokus menyalahkan satu sama lain.

Bertengkar Untuk Menemukan Solusi Masalah

pasangan cinta
ilustrasi pasangan/copyright Shutterstock

Seperti halnya pasangan tak bahagia, pasangan bahagia juga bertengkar mengenai masalah uang, anak, mertua, dan keintiman, namun yang membuat mereka berbeda adalah fokus dari pertengkaran tersebut.

Pasangan bahagia memiliki pendekatan solution-oriented. Mereka tidak meremehkan masalah kecil namun bisa menyebabkan masalah besar seperti membagi tugas bersih-bersih rumah, mencuci piring, atau tidur tidak mendengkur. Dengan menyelesaikan masalah kecil, mereka bisa mencegah masalah besar.

Jadi, itu dia perbedaan cara bertengkar pasangan bahagia dan tidak. Sudahkah memiliki kebiasaan bertengkar seperti ini dalam hubungan cintamu, Sahabat Fimela?

Sudah siap untuk hadir di acara FIMELA FEST 2019? Pilih kelas inspiratifnya di sini.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓