5 Tips Menghilangkan Bau Amis Makanan pada Kotak Bekal Plastik

Febi Anindya Kirana01 Nov 2019, 13:15 WIB
wadah plastik

ringkasan

  • gosok dengan baking soda
  • Manfaatkan ampas kopi
  • Gosok dengan kertas koran
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Seringkali ketika kita membawa bekal makanan di dalam wadah plastik, aroma makanan sering tertinggal meski sudah dicuci bersih. Selain memberi kesan tidak bersih, aroma dan rasa makanan yang tertinggal ini bisa merusak makanan lain yang akan dimasukkan ke dalam wadah plastik tersebut.

Tak mau hal ini terjadi kan? Ada beberapa cara menghilangkan bau amis makanan pada kotak bekal plastik.

1. Baking soda

Baking soda memang menjadi bahan dapur yang multifungsi. Cukup ambil satu sendok makan dan balurkan menyeluruh pada wadah yang sudah dibasahi. Biarkan selama 30 menit atau lebih dan cuci bersih.

2. Ampas kopi

Ampas kopi memiliki bau yang kuat dan sangat bisa menghilangkan bau amis atau sisa makanan pada wadah plastik. Ambil ampas kopi secukupnya dan oles merata pada wadah bekal makanan. Biarkan agak lama baru bilas dan cuci dengan sabun cuci piring.

3. Kertas koran

bekal wadah plastik
ilustrasi bekal/Photo by S'well on Unsplash

Mungkin cara ini cukup unik tapi juga cukup efektif dan layak dicoba. Ambil kertas koran secukupnya, celupkan dengan air dan isi di dalam wadah plastik. Serat kertas koran akan menyerap bau amis atau tak sedap pada wadah. Biarkan semalaman.

4. Abu arang

Jika kebetulan masih punya abu sisa bakar-bakar, ambil secukupnya dan gosokkan pada wadah plastik dengan sedikit air. Biarkan agak lama sebelum dibilas. Abu arang juga bisa dibeli di toko.

5. Cuka

Cuka juga sangat baik menghilangkan sisa bau pada wadah bekal makanan. Tuang secukupnya, ratakan pada wadah dan biarkan kurang lebih 1 jam, bilas bersih dan cuci dengan sabun cuci piring.

Itu dia sekian cara menghilangkan bau amis pada wadah plastik makanan. Semoga bermanfaat.

Sudah siap untuk hadir di acara FIMELA FEST 2019? Pilih kelas inspiratifnya di sini.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓