10 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membantumu Menurunkan Berat Badan

Mimi Rohmitriasih01 Nov 2019, 15:17 WIB
diet

Fimela.com, Jakarta Banyak perempuan yang merasa cemas dan khawatir ketika mendapati berat badannya bertambah. Saat dirimu menyadari berat badan mulai bertambah, apa yang dirimu lakukan Sahabat Fimela? Ketika berat badan bertambah sedangkan kita ingin punya berat badan ideal, salah satu cara yang bisa dilakukan saat menghadapi berat badan bertambah adalah melakukan diet.

Ada beragam diet yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Namun Sahabat Fimela, diet saja tidak cukup membantumu menurunkan berat badan jika dirimu tidak konsisten dengan diet yang dilakukan.

Melansir dari laman Liputan6.com, selain diet, ada beberapa kebiasaan sederhana yang wajib kita lakukan di kehidupan sehari-hari saat kita ingin menurunkan berat badan. Apa saja kebiasaan tersebut?

Kebiasaan Sehat yang Menurunkan Berat Badan

berat badan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com
  1. Berjalan kaki setidaknya sebanyak 1.000 langkah bisa membantumu menurunkan berat badan tanpa harus dengan melakukan diet ketat.
  2. Pastikan untuk tidur cukup setiap harinya. Tidurlah selama 8 jam setiap hari. Hindari tidur kurang dari 6 jam dan lebih dari 8 jam.
  3. Cukupi kebutuhan air putih. Tubuh akan lebih sehat saat nutrisi cairah di tubuh terpenuhi. Minum air putih setidaknya sebanyak 8 gelas per harinya.
  4. Berat badan akan menurun jika dirimu konsisten mengonsumsi makanan yang dikukus atau direbus. Makanan yang dikukus dan direbus lebih rendah lemak jika dibandingkan dengan makanan tumis, digoreng atau dibakar.
  5. Usahakan untuk mengontrol porsi makan. Jangan makan berlebihan. Hindari pula makan camilan yang kaya kandungan garam serta gula di dalamnya.
  6. Usahakan untuk masak makananmu sendiri di rumah. Masak akan membantumu lebih bijak dalam mengonsumsi makanan sehari-hari.
  7. Pilih kualitas makanan yang baik. Pilih makanan yang kaya serat dan hindari makanan kaya karbohidrat pun kaya lemak. Konsumsi juga makanan yang mengandung banyak vitamin menyehatkan di dalamnya.
  8. Pastikan untuk menghindari aneka makanan dengan kandungan lemak jenuh di dalamnya. Lemak jenuh adalah penyebab utama berat badan bertambah.
  9. Konsumsi makanan organik. Makanan organik dipercaya lebih sehat dan mampu membantu seseorang memiliki berat badan ideal.
  10. Saat makan, usahakan agar fokus makan dan tidak sambil nonton tv, bermain gadget atau ngobrol dengan orang lain. Makan dengan beragam aktivitas sampingan membuatmu lebih rentan makan dalam porsi berlebih.

Itulah beberapa kebiasaan sederhana yang bisa membantumu menurunkan berat badan. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa untuk menerapkan kebiasaan ini di rumah.

***

Hai Sahabat FIMELA, pastikan dirimu untuk hadir di FIMELA FEST 2019. Ikuti semua keseruannya, dan jangan lupa untuk submit data darimu di sini, untuk mendapatkan udangannya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓