Sukses

Lifestyle

4 Diet Terburuk yang Harus Dihindari Menurut Ahli Gizi

Fimela.com, Jakarta Menurunkan berat badan memang membutuhkan banyak kerja keras. Bahkan, banyak orang melakukan diet ektsrem demi mendapatkan tubuh ideal. Padahal, diet berlebihan dapat memperburuk kesehatanmu. Untuk itu, ada beberapa diet yang sebaiknya dihindari, apa saja? Yuk intip, dilansir dari prevention.com, Sabtu (2/11/2019).

1. Diet HCG

HCG Diet mengharuskanmu untuk mengonsumsi hanya 500 kalori per hari sambil melengkapi dengan human chorionic gonadotropin (HCG), hormon kehamilan yang secara keliru dikaitkan dengan penurunan berat badan.

"Ini adalah diet kalori yang sangat ketat dan sangat rendah yang akan mendorong penurunan berat badan dengan cepat, tetapi dengan mengorbankan kehilangan massa otot dan lemak tubuh, yang bisa memperlambat metabolisme dan membuat manajemen berat badan di masa depan menjadi tantangan," kata Erin Palinski-Wade, RD, CDE penulis Diet Diabetes 2-Hari.

Tidak hanya diet dapat memicu gangguan makan, tetapi mengonsumsi produk OTC HCG juga dianggap ilegal dan berbahaya oleh FDA.

"Karena mempertahankan diet 500 kalori per hari tidak memungkinkan dalam jangka panjang, kemungkinan mempertahankan penurunan berat badan pada diet ini sangat kecil," kata Palinski-Wade.

2. Diet lima gigitan

Dibuat oleh internis California Alwin Lewis, MD, Five-Bite Diet mengharuskanmu untuk melewatkan sarapan dan kemudian hanya memakan lima gigitan makanan saat makan siang dan makan malam.

"Porsi yang sangat kecil dari diet ini akan mendorong penurunan berat badan, tetapi pembatasan makan hanya 10 gigitan per hari bukanlah cara yang sehat untuk menurunkan berat badan," kata Palinski-Wade.

3. Diet Keto

Selebritas seperti Kourtney Kardashian dan Halle Berry sebagai penggemar, diet rendah karbohidrat ini menjadi sangat populer.

"Mungkin mulai menurunkan berat badan pada awalnya, tetapi diet ini sangat ketat, sehingga banyak dari junk food yang konsumsi berlebihan tidak ada dalam diet lagi tetapi diet itu sendiri tidak berkelanjutan," kata Toby Amidor, MS, RD, ahli nutrisi pemenang penghargaan dan penulis buku resep Wall Street Journal.

Selain itu, mungkin menjadi sembelit, karena kekurangan biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran.

4. Diet tanpa gula

Suzanne Dixon, MPH, MS, RDN, ahli diet terdaftar di The Mesothelioma Center, diet ini mengurangi buah dan sayuran, seperti beri dan ubi. Bagian terburuknya kalian akan kehilangan vitamin, mineral, dan fitonutrien penangkal penyakit.

#Growfearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading