Sukses

Lifestyle

FIMELA FEST 2019: Langkah Kecil untuk Menghemat Pengeluaran Bulanan

Fimela.com, Jakarta Menabung adalah tujuan hidup bagi setiap orang. Tapi ternyata, menabung masih saja sulit bagi banyak individu. Pengeluran untuk mencukupi kebutuhan harian kerap kali membuat menabung jadi terasa sulit. Bahkan hingga kini, masih banyak yang menghabiskan gajinya begitu saja, atau ada pula yang justru gaji yang didapat tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan harian.

Seperti yang dilansir dari popsugar.com, ada sejumlah kebiasaan yang harus mulai dicermati demi memiliki uang lebih yang bisa digunakan untuk ditabung agar keuangan lebih terjamin. Penasaran bagaimana caranya? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Berhenti membeli kopi kekinian

Ternyata walau harganya terbilang bersahabat, namun bila dikalkulasikan, membeli kopi kekinian setiap hari bisa menguras isi kantong. Jadi sebagai solusi, kamu bisa membuat kopi sendiri di kantor agar lebih hemat dan uang tersebut bisa menambah pundi tabungan kamu.

2. Potong kuku di rumah

Melakukan manicure dan pedicure memang menyenangkan, tapi tentu ada sejumlah uang yang dikeluarkan untuk membayar jasa tersebut. Padahal potong kuku bisa dilakukan sendiri di rumah secara gratis. Lalu, mengapa kamu tidak memanfaatkannya agar uang yang digunakan untuk manicure & pedicure bisa ditabung. Tentunya, hal ini akan membuat kamu lebih hemat.

3. Masak makan malam di rumah

Mulailah mengurangi kebiasaan membeli makanan di luar. Dengan memasak sendiri di rumah, tentu akan lebih hemat. Dan biasanya, kamu juga bisa memanfaatkan hingga keesokan harinya sehingga akan lebih hemat.

4. Bawa bekal untuk makan siang

Anggap saja setiap harinya kamu membeli makan siang Rp. 30.000; dan bayangkan jika hal tersebut dilakukan selama satu bulan penuh. Tentu nilai yang dikeluarkan cukup besar. Oleh sebab itu, usahakan untuk membawa bekal dari rumah sehingga kamu akan lebih hemat dan uangnya bisa menambah isi tabungan milik kamu.  

Cara menghemat pengeluaran bulanan

5. Hentikan penggunaan TV kabel

Jika kamu memang sudah jarang menggunakan TV kabel, maka tak ada ruginya untuk berhenti berlangganan. Lagipula, cukup dengan jaringan internet maka kamu bisa menonton serial pilihan di sejumlah platform yang ada.

6. Tabung sejumlah uang setiap harinya

Walau terdengan kuno, tapi menabung sejumlah uang setiap hari di dalam celengan tentu akan menjadi hal yang berguna. Sedikit demi sedikit dikumpulkan, dan jika celengan sudah penuh, kamu bisa terkejut dengan hasilnya di kemudian hari nanti.

7. Jual barang yang sudah tak terpakai

Di saat kamu memiliki barang tak terpakai, cobalah untuk menjualnya. Terkadang, barang-barang tersebut masih memiliki nilai dan uangnya bisa dimanfaatkan untuk menambah tabunganmu nanti.

8. Beralih ke produk generik

Produk generik memiliki kualitas yang tak kalah dengan produk lainnya yang memiliki harga lebih mahal. Jadi, tak ada salahnya untuk mulai beralih ke produk generik dengan harga lebih ekonomis.

Dengan cara sederhana di atas, maka kini kamu bisa lebih menghemat pengeluaran secara maksimal.

 

#GrowFearless with FIMELA

 

Daftarkan dirimu di sini untuk mengikuti berbagai kelas inspiratif di FIMELA FEST 2019! 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading