4 Tips agar Tubuh Tak Lemas saat Haid sedang Banyak-banyaknya

Endah Wijayanti05 Nov 2019, 11:45 WIB
minum susu sapi saat haid

Fimela.com, Jakarta Pada hari pertama hingga ketiga haid, tubuh biasanya sangat letih. Karena darah yang keluar sedang banyak-banyaknya, tubuh bisa terasa lemas. Hal ini jelas akan mengganggu kegiatan dan rutinitas harian kita.

Agar tubuh tidak lemas saat haid sedang banyak-banyaknya, ada sejumlah tips yang bisa dicoba. Berikut empat hal simpel yang bisa dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh saat haid melanda.

1. Minum Lebih Banyak Air Putih

Dilansir dari healthline.com, untuk menjaga volume darah dalam tubuh kita perlu minum 4-6 gelas air lebih banyak sehari. Minum banyak air putih bisa menjaga tubuh agar tidak gampang lemas atau letih.

2. Konsumsi Makanan Tinggi Vitamin C

Vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi yang dapat mencegah anemia. Konsumsi bahan makanan yang tinggi kandungan vitamin C, seperti buah jeruk, paprika merah dan hijau, buah kiwi, stroberi, brokoli, dan jus tomat.

 

3. Konsumsi Makanan Tinggi Zat Besi

brokoli
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Semakin banyak darah yang keluar, semakin berkurang zat besi yang ada di dalam tubuh. Tubuh kita memperlukan zat besi untuk memproduksi hemoglobin, molekul yang membantu sel-sel darah merah menyalurkan oksigen. Saat darah haid yang keluar sangat banyak, tubuh bisa mengalami kekurangan zat besi dan meningkatkan risiko anemia. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti sayur bayam, kerang, daging ayam, tahu, dan kacang-kacangan.

4. Konsumsi Suplemen Vitamin Bila Perlu

Suplemen vitamin C dan zat besi bisa dikonsumsi untuk menjaga kondisi tubuh saat sedang haid. Ada baiknya konsultasikan dulu ke dokter untuk memastikan dosis yang tepat serta kemungkinan efek samping yang terjadi. Konsumsi suplemen bisa jadi alternatif yang sangat membantu kita untuk menjaga kebugaran selama haid.

Pastikan juga untuk mendapat cukup istirahat, ya. Usahakan untuk tetap mendapat istirahat yang cukup agar energi tubuh tetap terjaga dengan baik selama haid.

***

Sudah siap untuk hadir di acara FIMELA FEST 2019? Pilih kelas inspiratifnya di sini.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓