3 Kesalahan Mengungkep Ayam Ini Membuat Ayam Alot

Febi Anindya Kirana05 Nov 2019, 16:35 WIB
ayam ungkep

Fimela.com, Jakarta Ayam goreng paling enak jika dibumbu ungkep karena ayam dimaska agar bumbu meresap hingga ke dalam daging ayam. Jika ingin menggorengnya sebentar pun juga tak khawatir mentah bagian dalam karena sudah dimasak hingga matang lebih dulu.

Tapi sayangnya, beberapa orang salah melakukan proses ungkep hingga membuat daging ayam alot. Ini tiga kesalahan tersebut.

1. Masak terlalu lama

Mengungkep terlalu lama hanya akan menghilangkan tekstur alami daging yang lembut dan juicy. Kandungan cairan di dalam daging ayam akan menguap dan hilang sehingga hanya menyisakan daging yang keras seperti karet.

Jika ingin membuat daging ayam kampung lebih empuk, banyak orang pasti akan berpikir mengungkep lebih lama akan membuat dagingnya empuk. Tidak ada yang salah, namun bukan berarti bisa sangat lama. Perbandingannya mungkin hanya 10 menit lebih lama dari ayam potong.

2. Takaran air yang tidak pas

resep
ilustrasi ayam goreng/copyright Pexels/Katarina Pjatakova

Untuk mengungkep daging ayam, takaran air yang pas adalah ketika daging ayam cukup terendam semua. Jangan menggunakan terlalu banyak air atau terlalu sedikit. Jika terlalu banyak air akan membuat proses pemasakan lebih lama dan inilah yang membuat daging ayam alot.

3. Menggunakan api terlalu besar

Gunakan api sedang untuk memasak ayam ungkep. Boleh saja menggunakan api besar ketika mendidihkan bumbu, namun masak ayam dengan api sedang atau kecil setelahnya hingga matang dan bumbu meresap atau air berkurang. Meski akan membuat proses pemaskaan lebih lama namun akan membuat bumbu meresap lebih baik dan tidak membuat ayam alot.

Hindari kesalahn ini agar daging ayam tidak keras atau alot ya. Semoga bermanfaat.

Sudah siap untuk hadir di acara FIMELA FEST 2019? Pilih kelas inspiratifnya di sini.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓