Tips dan Cara Membuat Nasi Goreng Seafood Agar Tidak Amis

Febi Anindya Kirana06 Nov 2019, 10:14 WIB
nasi goreng seafood

Fimela.com, Jakarta Begini tips agar masak nasi goreng seafood tidak amis.Sebenarnya memasak nasi goreng itu cukup sederhana. Namun jika harus dicampur dengan berbagai lauk, memasak nasi goreng juga butuh trik khusus agar bisa menghasilkan nasi goreng yang enak, misalnya membuat nasi goreng seafood.

Jika tidak dimaak dengan benar, seafood pada nasi goreng justru akan membuat nasi goreng amis. Nah, tak mau hal ini terjadi kan? Ini tips agar nasi goreng seafood tidak amis.

1. Masak seafood hingga matang lebih dulu

Sebelum dicampurkan dengan nasi, masak dulu seafood hingga matang. Cara ini efektif menghilangkan amis pada seafood. Misalnya menggunakan udang dan cumi, tumis lebih dulu dengan bumbu hingga bahan tersebut matang, kemudian masukkan nasi saat terakhir.

2. Banyak bumbu

resep nasi goreng
ilustrasi nasi goreng/Image by Huahom from Pixabay

Gunakan banyak bumbu yang bisa menghilangkan bau amis seafood seperti merica bubuk, pala atau sedikit jahe. Tambahkan kecap ikan atau saus tiram untuk memberikan rasa sedap dan menyamarkan amis.

3. Gunakan Bumbu halus

Gunakan bumbu halus agar nasi goreng lebih terasa. Tumis bumbu dengan seafood hingga matang, karena bumbu yang tidak matang juga akan memberi rasa amis dan aneh pada nasi goreng.

4. Gunakan seafood segar

Selalu pastikan seafood yang digunakan dalam keadaan segar karena semakin segar, semakin kecil kemungkinan menimbulkan amis.

Sajikan dan nikmati nasi goreng seafood dalam keadaan hangat karena jika dinikmati ketika dingin, bau amisnya bisa muncul. Itu sekian cara membuat nasi goreng seafood agar tidak amis.

Sudah siap untuk hadir di acara FIMELA FEST 2019? Pilih kelas inspiratifnya di sini.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓