6 Cara Tidur Nyenyak di Dalam Pesawat yang Patut Dicoba

Anisha Saktian Putri06 Nov 2019, 11:00 WIB
pesawat/unsplash annie

Fimela.com, Jakarta Ruangan sempit dan tekanan kabin membuat pengalaman tidur di pesawat tidak nyaman. Apalagi ketika memiliki penerbangan dengan waktu yang lama.

Tapi tenang, ada beberapa cara untuk membuat tidur sedikit lebih baik di dalam pesawat melansir dari huffpost.com

1. Hindari gula dan alkohol

Banyak orang berpikir jika alkohol akan membuatmu tidur. Padahal alkohol hanya akan membuatmu tidur singkat 3-4 jam. Setelah terbangun, justru kalian akan merasa sakit kepala, haus, dan tidak akan bisa tidur kembali.

Bayangkan saja jika kalian memiliki jam terbang lebih dari 4 jam. Sedangkan gula, di dalam pesawat kalian akan duduk berjam-jam dan tiduk membutuhkan energi yang banyak. Jika mengonsumsi gula akhirnya menyebabkan kembung, alhasil tidak bisa tidur.

2. Sepatu longgar

Gunakan sepatu longgar seperti sepatu slip on, sangat membantu jika penerbangan dalam waktu yang lama. Jika ada beberapa ruang di sepatu, kalian pun akan terasa nyaman.

3. Pemilihan kursi

Pesawat/unsplash erik
Pesawat/unsplash erik

Cobalah untuk mendapatkan tempat duduk di dekat jendela sehingga ada tempat untuk bersandar. Penggunaan bantal leher pun dibutuhkan untuk kalian tidur nyenyak di pesawat.

Namun jika mendapat kursi di tengah, sebaiknya fokus pada pola pikirmu dan berlatih untuk bersyukur. Berfikitlah jika duduk di tengan pun kalian masih bisa untuk tidur nyenyak.

4. Pakaian nyaman

Pilihlah pakaian yang nyaman, tidak membuat tubuh dingin atau terlalu panas. Sebab, suhu pesawat tidak mudah terprediksi.

Dan yang terbaik, siapkan jaket karena sewaktu-waktu suhu pesawat akan terasa dingin. Bahkan bila jaket tidak digunakan pun bisa dibuat untuk bantal.

5. Makan sehat

makan sehat
ilustrasi makan makanan/Photo By chomplearn on Shutterstock

Cobalah untuk mengonsumsi makan sehat, hindari gula atau karbohidrat yang berat agar perut tidak bermasalah saat penerbangan.

6. Sleeping exercises

Pertama, kendurkan semua otot di wajah, termasuk lidah, rahang, dan otot sekitar mata. Kemudian biarkan bahu dan anggota tubuh rilexs. Lalu yang terakhir, mengendalikan pernapasan dan biarkan diri untuk tidur secara perlahan.

Minyak essensial eucalyptus pun berguna membantu tidur lebih nyaman. Gunakan 20 menit sekali, di bawah satu lubang hidung bergantian kanan-kiri sambil menghirup essensial oil.

#Growfearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓