4 Alasan Meluangkan Waktu Menyendiri Baik untuk Dirimu

Endah Wijayanti06 Nov 2019, 10:50 WIB
perempuan kesepian

Fimela.com, Jakarta Di tengah kesibukan dan keramaian yang ada di sekitar kita, ada kalanya kita memang perlu mengambil jeda sejenak untuk menyendiri. Meluangkan waktu melakukan sesuatu seorang diri. Bukan bermaksud egois, tapi meluangkan waktu menyendiri ternyata bisa memberi sejumlah manfaat.

Selama tetap diimbangi dengan ikatan sosial yang baik, menyendiri bisa memberi sejumlah manfaat bagi kesehatan mental kita. Bila belakangan ini kita merasa keletihan atau stres, ini saat yang tepat untuk mengambil jeda dan menyendiri. Sejumlah manfaat ini pun bisa kamu dapat.

1. Meningkatkan Konsentrasi dan Ingatan

Dilansir dari verywellmind.com, melakukan sesuatu seorang diri bisa bantu meningkatkan daya konsentrasi kita. Kita bisa lebih fokus dan berkonsentrasi saat menyendiri. Bagi kita yang beberapa waktu terakhir merasa kesulitan untuk berkonsentrasi, cobalah untuk menyendiri. Lakukan sesuatu yang disuka seorang diri, maka daya ingatmu bisa meningkat dengan cukup signifikan.

2. Meningkatkan Kreativitas

Dikutip dari psycnet.apa.org, penelitian menemukan bahwa orang biasanya lebih mudah menyelesaikan masalah sulit saat bekerja seorang diri. Bekerja sendiri bisa mendorong inovasi tanpa tekanan sosial tambahan. Menyendiri atau melakukan sesuatu seorang diri bisa sangat membantu kita untuk lebih kreatif.

 

3. Meningkatkan Kemampuan Berempati

menyendiri
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Di era dengan teknologi yang semakin canggih, kita umumnya akan semakin merasa kesulitan untuk bisa benar-benar melakukan sesuatu seorang diri. Menyendiri dan meluangkan waktu seorang diri melakukan sesuatu yang disuka bisa jadi tantangan tersendiri. Namun, dengan kemampuan meluangkan waktu menyendiri ini kita akan terbantu untuk lebih berempati pada orang-orang di sekitar kita.

4. Meningkatkan Kualitas Hubungan

Sebuah hubungan bisa semakin kuat bila masing-masing pasangan bisa memiliki waktu melakukan sesuatu sendiri. Bahkan dalam hubungan pertemanan, sesekali memberi jeda untuk tak saling bertemu selama beberapa saat bisa memperkuat hubungan tersebut. Dengan menyendiri, kita akan lebih memahami arti dan pentingnya kebersamaan.

Tak ada salahnya untuk melakukan sesuatu seorang diri. Menyendiri dapat memberi manfaat yang cukup baik untuk kesehatan mental kita. Jadi, sudah punya rencana kapan dan akan melakukan apa untuk menyendiri?

***

Sudah siap untuk hadir di acara FIMELA FEST 2019? Pilih kelas inspiratifnya di sini.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓