Cara Diet OCD secara Sehat, Alami dan Cepat

Fimela Editor06 Nov 2019, 20:15 WIB
Ilustrasi diet

Fimela.com, Jakarta Memiliki tubuh ideal merupakan idaman banyak orang. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memperoleh tubuh ideal, salah satunya dengan diet.

Diet tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, karena justru dapat membahayakan kesehatan. Berikut adalah cara diet OCD secara sehat, alami dan ideal.

Cara Diet Sehat

Ingin Hindari Garam? Tambahkan Bumbu ke Makanan Anda
Kurangi konsumsi garam

Diet yang kamu pilih harus aman bagi kesehatan tubuh, jangan sampai diet yang kamu lakukan justru membuat kamu sakit. Yuk, simak cara diet sehat berikut ini.

Mengurangi konsumsi garam

Mengurangi konsumsi garam sangat efektif dijadikan sebagai cara diet sehat. Konsumsi garam dalam jumlah berlebih akan membuat tubuhmu mengalami kesulitan dalam memproses metabolisme lemak.

Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Air memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh manusia, bahkan turut mempengaruhi diet yang kamu lakukan. Cara diet sehat yakni dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Disarankan agar kamu selalu memiliki persediaan air kemana pun kamu pergi, agar tidak sampai kekurangan cairan.

Jauhi gaya hidup tak sehat

Gaya hidup bisa berpengaruh pada diet yang sedang kamu lakukan, lho. Untuk itu, kamu bisa menjauhi gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, minum minuman keras maupun begadang sebagai cara diet sehat. Lebih baik konsumsilah makanan sehat dan buah-buahan.

Hindari makanan kemasan

Makanan kemasan mengandung banyak garam, gula, dan karbohidrat olahan. Sehingga cara diet sehat yakni dengan menghindari makanan kemasan, terutama camilan-camilan yang memiliki kadar garam yang tinggi.

Cara Diet Alami

Miliki Pola Makan yang Tepat
© Shutterstock

Menurunkan berat badan dengan diet tidak bisa dilakukan dengan instan, perlu konsistensi agar diet yang kamu lakukan berhasil. Berikut kami bagikan cara diet alami tanpa harus merasa stres dan menguras kantong.

Atur pola dan jenis makan

Cara diet alami yang bisa kamu lakukan yakni dengan mengatur pola dan jenis makan. Selama diet, kurangi porsi makanmu 10-20% dan makanlah secara perlahan.

Pilihlah makanan yang bergizi untuk diet, seperti makanan tinggi protein, serat dan lemak sehat. Hindarilah makanan yang tinggi lemak jenuh dan kolesterol.

Rajin berolahraga

Rajin berolahraga menjadi salah satu cara diet alami. Lakukanlah olahraga yang dapat membakar kalori seperti jogging, olahraga kardio, lompat tali, renang dan senam aerobik setidaknya 30 menit sehari.

Cukup istirahat

Jika kamu ingin menurunkan berat badan, maka kamu perlu cukup istirahat sebagai cara diet alami yang bisa kamu lakukan. Sebab kurang tidur justru akan meningkatkan hormon yang membuatmu mudah lapar.

Penuhi kebutuhan protein

Protein adalah kunci untuk membuat tubuh kenyang, sekalipun kamu makan sedikit kalori. Memenuhi kebutuhan protein dalam sehari merupakan salah satu cara diet alami yang bisa kamu terapkan, karena protein yang cukup akan menjaga kesehatan otot dan metabolisme. Konsumsilah makanan dengan kandungan protein tinggi seperti dada ayam, kalkun tanpa lemak, ikan, makanan laut dan tempe.

Cara Diet Cepat

Minum air putih
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Robert Brown Stock

Ada banyak cara diet yang bisa kamu lakukan, namun kamu pasti menginginkan hasil maksimal di waktu yang cepat bukan? Berikut kami rekomendasikan untukmu cara diet cepat.

Minum banyak air sebelum makan

Langkah penting untuk menurunkan berat badan yakni dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Sebelum makan, minumlah banyak air sebagai salah satu cara diet cepat. Apabila perut terisi banyak air, maka nafsu makan akan berkurang. Usahakanlah minum 8 gelas air sehari dan kurangilah minuman manis.

Hindari makanan tinggi karbohidrat

Salah satu cara diet cepat yakni dengan menghindari makanan tinggi karbohidrat. Perbanyaklah konsumsi sayuran seperti asparagus, paprika, brokoli, kembang kol, jamur, bayam, kangkung dan mentimun dengan porsi minimal setengah dari piring kamu.

Hindari makanan pembentuk gas

Cara diet cepat berikutnya yakni dengan menghindari makanan pembentuk gas, seperti permen karet dan minuman bersoda. Dengan penumpukan gas, perut akan mudah menjadi kembung. Konsumsilah asparagus, bayam dan mentimun untuk mencegah kembung.

Cara Diet OCD

Diet OCD
Diet OCD (sumber: Pixabay)

Diet OCD merupakan salah satu jenis diet yang begitu terkenal, diet ini tidak mengurangi porsi makan melainkan pada pengaturan kapan waktunya kamu diperbolehkan makan dalam jangka waktu tertentu. Berikut adalah tahapan cara diet OCD.

Jendela makan pertama

Cara diet OCD yakni melakukan jendela makan pertama. Kamu memiliki waktu makan selama 8 jam lalu dilanjutkan dengan berpuasa selama 16 jam. Ketika pukul 9 pagi kamu mulai makan, maka selama 8 jam selanjutnya kamu masih boleh memakan apapun, namun di sisa 16 jam berikutnya kamu harus berpuasa dengan tetap diperbolehkan minum air putih saja.

Jendela makan kedua

Cara diet OCD selanjutnya yakni dengan melakukan jendela makan kedua. Kamu bebas makan selama 6 jam, namun di sisa 18 jam berikutnya kamu harus berpuasa. Misalnya kamu makan pada pukul 10 maka waktu makan berakhir pada pukul 4 sore, dan pada jam-jam berikutnya kamu harus berpuasa.

Jendela makan ketiga

Jendela makan ketiga adalah tahapan selanjutnya dalam cara diet OCD. Pada level tiga ini kamu hanya bisa makan selama 4 jam, 20 jam sisanya kamu harus berpuasa. Apabila kamu makan pada pukul 11, kamu tetap diperbolehkan makan sampai pukul 3 sore, setelah itu kamu harus berpuasa selama 20 jam.

Jendela makan keempat

Cara diet OCD pada level tertinggi yakni jendela makan keempat. Kamu hanya diperbolehkan makan satu kali selama 24 jam. Jika hari ini kamu makan pukul 12, maka keesokan harinya juga harus makan siang pada waktu yang sama.

Keempat cara OCD ini bisa kamu lakukan secara bersama. Sebagai contoh hari pertama diisi dengan jendela makan pertama, hari kedua dengan jendela makan kedua, dan seterusnya.

 

Demikianlah informasi yang kami bagikan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

(Olivia Lidya Elsanty/dikutip dari berbagai sumber)

Lanjutkan Membaca ↓