Ini Alasan Daging Sebaiknya Tidak Dibekukan Lagi Setelah Keluar dari Freezer

Febi Anindya Kirana06 Nov 2019, 14:45 WIB
daging sapi

Fimela.com, Jakarta Daging mentah, baik sapi, kambing, ayam atau apa pun memang lebih awet jika disimpan dalam keadaan beku di dalam freezer. Namun ada satu hal yang perlu diingat tentang menyimpan daging mentah yang sebenarnya cukup berbahaya jika diabaikan, yaitu membekukan atau menyimpan kembali daging ke dalam freezer setelah dikeluarkan.

Daging mentah yang dibekukan akan memiliki keawetan untuk jangka waktu lama, namun ketika sudah dicairkan, sebaiknya segera diolah. Mengembalikan daging yang sudah dicairkan untuk dibekukan lagi akan merusak serat daging. Lebih parahnya lagi, daging berisiko tercemar bakteri yang bisa merusak daging dan bersifat racun jika dikonsumsi.

Bahaya Daging yang Dibekukan Lagi

Daging Sapi Mentah
Ilustrasi Foto Daging Sapi (iStockphoto)

Ketika sudah dikeluarkan dan mencair, daging akan segera mengembagkan bakteri dan ketika disimpan kembali, daging tak akan sesegar ketika pertama kali disimpan dan bahkan bisa berubah kualitas seperti berubah warna atau menjadi busuk meski dibekukan.

Jika memang ingin menggunakan daging dalam jumlah tertentu, sebaiknya potong-potong dan simpan dalam beberapa bagian wadah plastik. Ketika ingin menggunakannya, ambil seperlunya saja.

Jadi, itu dia alasan mengapa sebaiknya daging mentah tak boleh dibekukan lagi setelah keluar dari freezer.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓