5 Tips Mengubah Kebiasaan Begadang jadi Lebih Rutin Bangun Pagi

Endah Wijayanti07 Nov 2019, 07:15 WIB
bangun pagi

Fimela.com, Jakarta Kalau sudah kebiasaan, memang sangat sulit untuk mengubahnya. Bagi kita yang terbiasa begadang atau tidur larut, sepertinya akan sulit untuk bisa langsung bangun pagi secara rutin. Mengubah kebiasaan dari yang sering begadang menjadi lebih rutin bangun pagi pastinya akan melibatkan ritme sirkadian kita.

Dilansir dari sleep.org, ada lima tips yang bisa dicoba agar berhasil melakukan transisi untuk lebih rutin bangun pagi. Selengkapnya, langsung saja simak keterangannya di sini.

1. Bangun Lebih Awal

Salah satu alasan kita sulit tidur lebih awal pada malam hari adalah karena kita belum merasa mengantuk. Untuk itu kita perlu bangun lebih awal untuk memulainya. Dengan bangun lebih pagi, kita akan merasa cukup capek dan mengantuk pada malam hari. Jadi, tak perlu menunggu sampai malam terlalu larut untuk merasa mengantuk.

2. Lakukan Bertahap

Misal, kita punya target bangun pukul 06.00 sedangkan kebiasaan kita selama ini adalah bangun pukul 08.00. Kita bisa mengawalinya dengan bangun 15 menit lebih awal dari kebiasaan kita. Lakukan secara bertahap sampai akhirnya berhasil bangun pukul 06.00.

 

3. Dapatkan Sinar Matahari Pagi

Kata kata Selamat Pagi
Bangun tidur di pagi hari / Sumber: Pixabay.com

Buka tirai begitu alarm untuk bangun pagi berbunyi. Bisa juga dengan menyalakan lampu kamar. Cahaya atau sinar yang kita dapatkan ini bisa bantu menurunkan produksi melatonin dalam tubuh, sehingga kita bisa lebih terjaga.

4. Lakukan Rutinitasmu Satu Jam Lebih Awal

Awali dengan mengubah rutinitas atau kegiatan harianmu. Jadwal makan malam atau menonton TV misalnya, bisa dilakukan satu jam lebih awal dari biasanya. Dengan begini, kita bisa punya waktu untuk mempersiapkan diri tidur lebih awal.

5. Konsisten Setiap Hari

Saat akhir pekan atau hari libur sekalipun, tetaplah konsisten pada jadwal baru yang dibuat. Dengan konsisten, tubuh akan lebih mudah beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lebih baik.

Semoga tips-tips di atas membantumu, ya. Saatnya untuk membangun kebiasaan tidur dan pola hidup yang lebih baik lagi.

***

Sudah siap untuk hadir di acara FIMELA FEST 2019? Pilih kelas inspiratifnya di sini.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓