8 Jenis Bunga yang Bisa Diolah Menjadi Masakan Lezat

Mimi Rohmitriasih07 Nov 2019, 11:26 WIB
bunga turi

Fimela.com, Jakarta Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh, kita perlu mengonsumsi beragam makanan yang kaya nutrisi. Makanan yang dikonsumsi bisa berupa buah-buahan, daging, sayuran, ikan bahkan beberapa jenis bunga. Perlu kita tahu di sekitar kita ada beberapa jenis bunga yang bisa dimasak menjadi masakan lezat dan menutrisi tubuh dengan baik.

Beberapa jenis bunga ini bisa ditemukan dengan mudah di sekitar kita dan cocok dimasak menjadi masakan tumis, sekedar direbus atau dimasak kuah santan pedas. Bunga apa saja yang bisa diolah menjadi masakan lezat? Simak yang berikut ini.

Jenis Bunga untuk Masakan Lezat

bunga pepaya
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/ Kondoruk

Bunga Turi

Jenis bunga pertama ada bunga turi. Bunga turi berasal dari pohon turi. Biasanya bunga turi berwarna putih atau merah muda. Bunga turi bisa diolah menjadi masakan tumis, bobor atau sekedar direbus dan dibuat pecel.

Bunga atau Jantung Pisang

Bunga selanjutnya ada bunga atau jantung pisang. Bunga ini memiliki cita rasa yang khas dan begitu mengggugah selera. Bunga pisang cocok dimasak tumis, kuah santan pedas atau gulai bersama suwiran daging ayam.

Bunga Pepaya

Meski rasa bunga pepaya sedikit pahit, banyak orang yang begitu menyukai bunga ini. Bunga pepaya bisa diolah menjadi masakan tumis yang begitu menggugah selera. Ditumis bersama daun pepaya, ikan teri, udang atau bumbu terasi, bunga pepaya akan terasa makin sedap.

Bunga Bawang

Bunga bawang juga bisa diolah menjadi masakan yang sangat lezat. Bunga bawang bisa diolah menjadi masakan tumis atau masakan kuah santan dan dimasak bersama tempe, tahu atau ikan.

Bunga Kecombrang hingga Bunga Genjer

Kecombrang
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Ariyani Tedjo

Bunga Kecombrang

Bunga kecombrang memiliki warna merah muda dengan bentuk kuncup sepanjang jari telunjuk. Bunga kecombrang memiliki cita rasa yang cukup asam dan khas. Umumnya, kecombrang dimasak menjadi campuran sambal, masakan tumis dan masakan berkuah.

Bunga Kol

Bunga kol adalah bunga yang sudah tak asing lagi bagi kita. Bunga kol memiliki cita rasa yang enak dan bisa diolah menjadi masakan tumis, masakan berkuah, digoreng atau cukup disantap sebagai lalapan mentah.

Brokoli

Sayur brokoli juga termasuk dalam sayuran yang berupa bunga. Brokoli bisa diolah menjadi masakan lezat dan memiliki kandungan gizi yang sangat mengesankan buat kesehatan tubuh.

Bunga Genjer

Ini juga merupakan bunga yang bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat. Dimasak dengan cara ditumis, direbus atau dimasak kuah, bunga genjer akan memberikan sensasi rasa yang tak bisa dilupakan begitu saja.

Itulah beberapa jenis bunga yang bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat dan menggugah selera. Dari beberapa jenis bunga di atas, mana yang menjadi favoritmu dan seringkali sebagai bahan utama masakan menggugah selera di rumahmu?

***

Hai Sahabat FIMELA, pastikan dirimu untuk hadir di FIMELA FEST 2019. Ikuti semua keseruannya, dan jangan lupa untuk submit data darimu di sini, untuk mendapatkan udangannya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓