FIMELA FEST 2019: 5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Meminta Kenaikan Gaji

Nabila Mecadinisa07 Nov 2019, 11:46 WIB
Naik Gaji

Fimela.com, Jakarta Gaji adalah pendapatan bulanan yang didapatkan seseorang atas kerja dan usaha yang dilakukannya pada sebuah perusahaan atau atas usaha yang ia lakukan. Berbicara gaji, setiap orang dalam perusahaan tentu mendapatkan nilai gaji yang berbeda-beda. Tak bisa dipungkiri bila prestasi atau kinerja seseorang dalam sebuah perusahaan menentukan gaji mereka.

Walau banyak yang mengatakan jika sebagian besar laki-laki memiliki gaji yang lebih tinggi dari perempuan, seperti yang dilansir dari marieclaire.com, ternyata ada alasan mengapa hal itu terjadi.

Perbedan gaji yang didapat dikarenakan laki-laki lebih sering meminta kenaikan gaji. Hal ini diungkapkan oleh Maggie Mistal, yang merupakan seorang career dan executive coach berbasis di New York. Ia mengatakan, untuk mendapatkan upah lebih, maka seseorang harus memiliki inisiatif untuk memintanya kepada perusahaan.

Namun, kenaikan gaji yang diminta tak serta merta akan berjalan dengan mudah. Ada sejumlah hal yang harus kamu lakukan sebelum meminta kenaikan gaji.

1. Harus memiliki tanggung jawab lebih

Sebelum bertanya akan kenaikan gaji, maka biasanya perusahaan akan melakukan review mengenai kinerja kamu di perusahaan tersebut. Hal ini berkaitan dengan bagaimana inisiatif kamu di dalam perusahaan, pengerjaan tugas-tugas kantor, bagaimana kontribusi kamu dalam memberikan solusi, dan juga seberapa dalam pengetahuan kamu di bidang ini. Jika penilaian tersebut positif, maka perusahaan akan dengan senang hati memberikan kenaikan gaji sesuai dengan performa kerja kamu. 

Hal yang harus dilakukan sebelum meminta kenaikan gaji

Naik Gaji
Naik gaji memang menyenangkan, tapi ingatlah bahwa ada sejumlah hal yang harus dilakukan sebelumnya. (Foto: Unsplash)

2. Berikan kontribusi nyata

Jika di bulan ini kamu memiliki agenda mengerjkan sebuah project dengan kesulitan tertentu. Pastikan ini adalah moment tepat untuk unjuk gigi. Berkarya dengan optimal untuk mendapatkan prestasi nyata sehingga kamu memiliki nilai lebih di dalam perusahaan.

3. Simpan data-data dengan baik

Ya, semua kerja kerasmu telah dilakuka, dan pastikan kamu menyimpan semua data dengan rapih. Hal ini adalah nilai lebih di mana koneksi dan data-data yang kamu miliki sangat bernilai bagi perusahaan. Ini menjadi aset tersendiri yang dapat membuat setiap orang memiliki nilai tersendiri. Sehingga, kamu memiliki kesempatan untuk naik gaji berkat koneksi dan data yang kamu punya.

4. Lakukan reset

Ya, bekerja tak hanya dilakukan di kantor saja. Kamu bisa lakukan reset mendalam untuk mengulik ide atau mencari solusi atas apa yang sedang perusahaan jalani dan alami. Aspirasikan apa pendapatmu kepada atasan sehingga di mata perusahaan kamu dinilai sebagai orang yang memiliki inisiatif tinggi.

5. Banyak berlatih dan belajar

Lagi-lagi, jangan cepat puas pada pencapaian dirimu. Tantanglah diri untuk terus belajar dan berkarya. Dengan cara ini maka kamu akan menjadi seseorang yang content dan juga mau belajar untuk memperkaya diri dengan ilmu. Di sinilah akan menjadi cara terbaik untuk menambah nilai diri di mata perusahaan.

 

#Growfearless with FIMELA

Fimela ingin mengajak kamu untuk lebih inspiratif dan positif lewat berbagai kelas menarik di Fimela Fest 2019. Yuk, daftarkan dirimu di sini!

Lanjutkan Membaca ↓